Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.com yang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab. Semoga bermanfaat.

Q : Sering getar saat jalan pelan terutama dari kalo mulai jalan ? (Endang Priyanto)
A : Kalo awalan angkatan getar bisa dipastikan cover clutch/Dekrup/ Matahari pernya sudah lemah/tidak rata. Sebaiknya kalo ganti kopling, mataharinya ikut diganti. Perhatikan juga flywheel/roda gila/gigi gendhengnya. Biasa suka sudah rata. Bisa di slip. Kalo bisa bawa kebengkel bubut yg masih presisi mesin bubutnya. Gak selalu bengkel bubut besar. Di slip harus sampai bersih jangan sampai ada yg tidak terkena bubutan (Wiwi)

Q : mungkin ada yg pernah mengalami kayak gini ya? corabs-ku beberapa hari yg lalu, saat jalan malam, indikator Accu nyala merah. Agar supaya “selamat” sampai di rumah, ac dimatikan, audio dimatikan, lampu utama dimatikan, ganti dg lampu senja. Untuk sementara, indikator Accu mati lagi. Sampai dirumah, langsung buka tutup mesin, lihat kondisi Accu. Ada sisa2 oksidasi banyak banget. Saya semprot dg WD-40 utk menghilangkan sisa oksidasi tsb. pada esok hari-nya, dibawa ke bengkel “shop & drive”. Saat cek kondisi aki, listriknya lemah. Cek pengisian alternator, kondisi-nya normal. Montirnya menyarankan mengganti Accu baru, krn dari kode produksi, accu yg terpasang umurnya sdh 4 tahun lebih, jadi sepertinya memang sdh waktunya ganti. malam ini, dipakai jalan-jalan, indikator accu nyala lagi, beberapa kali. sesampai di rumah, buka kap mesin, terlihat lagi sisa oksidasi yg banyak di kutub positifnya. Mungkin gara2 itulah, pengisian dari alternator terhalang.
Kira-kira penyebabnya apa ya? kenapa sisa oksidasi banyak banget di kutub positif-nya? (Handoko)

A : Oksidasi pada kepala aki bukan disebabkan oleh uap radiator, tetapi disebabkan oleh air aki itu sendiri. Bisa dari waktu ngisi tumpah, bisa waktu menguap. Penyebab penguapan air aki bisa dari overcharging atau sel akinya yg sudah rusak. Penguapan air aki bisa dilihat dari tutup aki. Mana yg basah. Itu yg selnya sudah rusak. Klo semuanya basah biasanya terjadi overcharge. Cara pengecheckan tradisional, hidupkan mesin, buka tutup aki gas sedikit kira” 1500-2000Rpm, lalu lihat mana yg berbuih, nanti terlihat terjadi penguapan air aki. Klo normal hanya mengeluarkan gelembung udara. Penguapan yg berlebih atau bahkan seperti air mendidih itulah sel yg rusak. Klo semua berarti overcharge.
Untuk pengecheckan paling akurat, pakai avo meter, tancapkan pada kedua terminal/kepala aki, lalu hidupkan semua kelistrikan full loaded(lampu, ac,sound system, hazard, bahkan wiper(sebelumnya diangkat dahulu biar tidak membaret kaca)), lalu lihat avo meter, apakah dia masih di angka 12V atau kurang (tanpa digas). Bila kurang coba dicheck Altenatornya. Soalnya pada saat full loaded, tugas altenator hanya menyeimbangkan saja dan menjaga setrum accu sesuai dengan kapasitasnya. Misalkan 12 V 45 Ampere. Altenator hanya menjaga nilai tersebut.
Altenator/dinamo ampere memiliki 2 system pengisian (pake regulator maupun IC) waktu not full loaded altenator mengisi sampai maksimal daya accu. Misalkan Accu 45 ampere maka dia akan megisi sesuai kapasitas Accu (IC System), jd percuma kalo mengganti Accu dengan kapasitas yg lebih besar misalkan 60Amp tetapi tanpa penggantian altenator yg amperenya lebih besar kecuali masih menggunakan regulator/Cut Out/Ketot yg bisa distel secara manual.
Kasus” yg sering terjadi :
* Malam hari Lampu aki nyala : Biasanya ICnya sudah rusak untuk pengisian yg full loaded
* Accu tekor : Bisa dari kapasitor yg rusak, bisa dari ICnya, bisa dari setrum aki yg sudah kurang (bisa dari airnya yg tawar/selnya ada yg rusak sehingga IC membaca inputan salah.(Terjadi pada altenator yg menggunakan IC)]
* Accu sudah lemah:Biasanya terlihat dari fisiknya yg sudah menggelembung. Biasanya ada sel yg rusak atau baru mau rusak)
Untuk mengecheck accu secara tradisional : Bisa mengkorsletkan positif dan negatifnya. Bisa dengan besi, atau kabel jumper.Sel yg rusak biasanya langsung mendidih. (Tidak boleh terlalu lama)(hitungan detik)(expert only). Klo mau mencoba, coba cari aki bekas dulu.
Jadi sebelum mengganti accu, sebaiknya pinjam dulu aki yg masih baik. Lalu lakukan pengukuran. Bila hasilnya berbeda, maka aki yg terpasang bisa langsung dilem biru. Bila sama, maka check altenator/dinamo amperenya (Wiwi)

Q : Berapa lamakah usia pakai As Roda (Drive Shaft) KW atau non original ? (Endang Priyanto)
A : As Roda (Drive Shaft) yg KW umurnya lumayan lama Kang. Bisa tahunan. Tergantung karakter pengemudi. Yang sering rusak as roda bagian luar. Penyebab yg mempercepat umurnya adalah sering melakukan akselerasi saat menikung (Wiwi)

Q : Corabs 96 saya tidak mau di stater, semua indikator nyala, test aki lampu dan kelistrikan nyala terang, kira2 pertolongan pertamanya apa yah ? (Remi)
A : Yupp kite jg dulu beberapa kali ngalamin kejadian kayak gini. Cuman butuh diperjelas lg nih kondisi gak bs stater nya nih, pake mesin bunyi tapi gak mau idup atouu dikontak cuman bunyi cetek2 doank kagak ada bunyi mesin??
Dua2nya sy pernah ngalamin. Klo kejadiannya mesin bisa bunyi tp gak idup waktu itu penyebabnya adalah ada soket kabel yg lepas. Posisi kabelnya klo gak salah ada dideket2 emmm… hadouuhh apa si lg tu namanya tuh yg nyambung ama dan sbelah kanan throtle,,,hadoouuhh beneran lupa nih namanya tu apa si lg yak,distributor bukan yak?? Ahh pokoknya kabel dkt2 situ dah ada yg lepas om. Di colokin lg nyanyi lagi deh tu shiro kite om.
Nah klo yg kejadian kedua, cuman kedengeran ctek ctek doank waktu dikontak tanpa bunyi mesin, ni urusannya ama staternya yg emang udah menjelang koid om. Cuman untuk beberapa waktu mesin masih bisa dibunyikan lg klo si stater itu diketok2 doang pake benda lembut namun keras (hoyoouuhh, to om lurah kagak usah dijabarin ya benda sejenis ini hiiihiihii) kamsudnya obeng dgn gagang karet gitu om biar waktu diketok gak ngerusak cover si stater. Posisi stater tu ada di…emmm… sebelah kiri bawah dr aki klo gak salah ye hadouuhh rada lupa lg nih. Bentuknya slinder trus ada tulisan densonya gitu om. Nah ni benda klo lg ngadat (krn kotor or lemah bukan krn rusak) diketok doang bbrp kali biasanya lgs bs stater lg tu om abis itu.
Nah kemungkinan lain kejadian sejenis tp untuk penyebab yg berbeda (dpt teori dr si mbah) cmn blm pernah ngalamin adalah mesinnya ngadat atau kepala akinya kendor. Bukan kabel or sambungan kabel ke aki ya, tapi kepala pentol akinya (bener gak istilah gw) plus korosi diskitar pentol tu aki.
Lhaaa ampir lupa, semalem dr bogor 146 kan mobilnya kena masalah sejenis jg, kagak bisa stater. Nah klo kasus yg ini relay staternya yg dah koid om. Relay stater tu posisinya adlh salah satu yg di dpn aki om klo gak salah. Klo ini mah lbh gampang lg,ciieehh.. . Tarik paksa aja tu kabel relay stater kluar dr rumah relaynya trus dijumper ke aki, tanpa perlu di kontak ntar lgs nyala sndiri koq heehehee…mbah ilmunye semalem kagak papa khan kite sharing di mari heehehe (Arfan)

Q : Corabs 97 sudah pakai HLA belum sih ? trus biasanya setelah mesin di starter lampu oli di panel langsung mati, beberapa hari ini tidak lsg mati begitu namun baru mati sekitar 1 detik kemudian. Apakah ini pertanda pompa oli sudah lemah atau saringan oli kotor ?(Benni Inayatullah)
A : Toyota kebanyakan menggunakan SLA (Solid Lifter Adjuster *menggunakan coin). Yg menggunakan HLA Toyota Kijang (7K). Malah untuk 4age 20v sebagian sudah menggunakan bearing buat rocker arm / pelatuknya. Mengenai lampu oli terlambat mati, bisa pompanya sudah lemah/olinya sudah terlalu kental karena kotor/switchnya tersumbat kotoran (Wiwi)

Q : Corabs 1.6 sy minggu kemarin ada oli yg bocor di delconya, setelah dibawa ke bengkel terdekat diganti seal ‘as” dan o-ring nya (lumayan susah jg rupanya ganti seal ‘as’). setelah dipasang kembali lalu pengapian disetting manual oleh montirnya.
Tapi rasanya kok akselerasinya gak begitu bagus/berat dan rada boros( jrm penunjuk bbm cpt banget turunnya), biasanya FCnya 1:11.2 gabungan.
lalu pernah sy coba putar posisi delconya berlawanan dg jarum jam sedikit kira 10-15 degree. hasilnya taikan enteng tapi tenaga kurang pada gigi 1 & 2.
Mohon pencerahannya dari teman semua, bagaimana men-set pengapian secara manual karena mo coba2 ngenalin karakter mobil ini…(Iwan Mega)
A :
Betul Oom Yudhi. Tp klo mo coba” sekalian mangasah feeling ya ndak papa. Wong ndak merusak. Klo saya baca keterangan mas Iwan, mas Iwan melakukan retard/emundurkan derajat pengapian. Maaf istilah belandanya saya suka kebalik-balik antara nah dan foor. Untuk memajukan derajat pengapian/advance dilakukan dengan memutar distributor/ delco searah jarum jam(clockwise) *. Coba dicari sampai tidak ngelitik/knocking. Biasanya putaran mesinnya paling anteng/siam. Kalau ngelitik/knocking distributornya diputar balik (anticlockwise) *.
Sekedar sharing, timing angle bukan dihitung dari distributor angle (mengikuti camshaft/noken as), tapi dari crankshaft angle.
Perhitungannya jumlah gigi pada sprocket gear crankshaft/kruk as adalah 24. Jd 360:24=15degree( 1 gigi mewakilkan 15 derajat). Biasanya sudah ditandai oleh pabrik dengan indikator pada timing cover. Bisa juga dihitung pada chamshaft pulley. Perhitungannya sama, 360 derajat dibagi jumlah gigi. Ini biasa digunakan untuk meyetel derajat yg lebih lanjut dan lebih rumit. Biasa digunakan pada mobil yg menggunakan camshaft/noken as berderajat, berdurasi, dan angkatan lebih tinggi (degree, duration and lift). Diaplikasikan pada camshaft/noken as racing.
Note : (*) Posisi penyetel berhadapan langsung dengan distributor, yaitu di sebelah kiri mobil. (Wiwi)

Q :Mohon pencerahan pada senior…… ..mbl sy corona GL 1.6 thn 84 tiap kecepatan 90-100 perseneling 5, mbl berasa getar kenapa ya ? (Asep)
A : Klo saya baca keterangan Kang Asep, sepertinya perseneling tidak terlalu berpengaruh. Dilihat dari kecepatannya, sepertinya masalahnya ada dibalancing. Biasanya bergetar di kecepatan 80-100km/jam. Di bawah atau di atasnya akan kembali normal. dicoba di atas 100km/jam dulu kang Asep. Klo di atas 100km/jam getarnya hilang, kang Asep tinggal melakukan balancing. Bila sakit berlanjut, silahkan hubungi dokter terdekat (Wiwi)

Q : minyak remnya berkurang tapi ga ada rembesan di ban, pas injek pedal rem kayak ngempos terus keluar asep ngebul dari belakang coro AT151, kira2 langkah apa yg harus gw lakukan ? (Agus)
A :
itu karena karet seal booster dan master rem atas sudah sudah bocor. jadi minyak rem terbuang masuk kedalam tabung booster rem dan tersedot oleh selang vakum masuk keruang bakar, sehingga dari knalpot keluar asap putih.
Perbaikan:
1. Ganti kit master rem atas atau full set master rem atas kalo sudah parah (silinder dalemnya sudah aus).
2. Ganti rubber kit booster rem, atau ganti fullset booster rem dengan yang copotan ex. singapur (biayanya hampir sama).
Sebaiknya mobil jangan dihidupkan/dijalank an dulu karena efek minyak rem masuk keruang bakar takut merusak lapisan permukaan ruang bakar (seher/ring seher/dinding silinder ruang bakar/klep, etc) (Hendy)

Q : Kira2 perlu kuras oli mesin ga yah.. takut bercampur oli rem ke oli mesin ? (Agus)
A1 : Gak perlu kuras oli mesin mas. Cuma titip pesan. Gak usah digas” untuk menghilangkan asapnya, Nanti juga hilang sendiri. Takutnya kejadian over rev malah berantakan mesinnya. Klo pun ingin dilakukan, hidupkan mesin, tunggu kira” 10mnt, terus gasnya ditahan di 2000rpm. Notice: Kondisi netral tidak boleh digas lebih dari 3000rpm I
A2 : Dengan catatan kondisi tersebut dilakukan setelah sistem rem diperbaiki ya..
Atau jika sistem rem belum diperbaiki maka mesin dihidupkan dengan terlebih dulu melepas selang vakum yang dari intake ke booster dan tutup dengan selang buntu, agar minyak rem tidak masuk lagi ke dalam ruang bakar saat mesin dihidupkan (Hendy)

Q : Corabs 2000cc 3S-FE pake knocking sensor nggak ? (Handoko)
A : Mas Koko, mesin 3SFE belum menggunakan knocking sensor (knock sensor).
Konck sensor biasanya digunakan pada mobil yang sudah distributorless (tanpa distributor konvensional) , timing pengapian secara elektronik sudah diatur oleh ECU, sehingga pengaturan derajat timing pengapianpun juga disetel secara elektronik dengan menggunakan alat scan.
Apabila terjadi knocking dimesin maka knock sensor mengirim data ke ECU/ECM untuk memajukan derajat pengapian secara elektronik, agar mesin tidak knocking lagi, max 1 derajat (Hendy)

Q : karena air radiator berkurang, awalnya saya servis radiator, tetep kurang ternyata water pump udah mulai rusak (suara agak ngorok dikit) juga ada rembesan air, trus ganti waterpump sabtu kemaren, tp kayanya air masih berkurang juga walau dikit bgt, dari selang dan sambungan ga ada rembesan sama sekali.
pls teman2 mohon pencerahan apa sebabnya ya? (Ahmad)
A :
Yg membuat air berkurang:
* Water plug. Nempel di block mesin. Jumlahnya ada 8. Ukurannya diameternya 8 buah 32mm, 1 buah 40mm. (satu tertutup sama transmisi).
* Karet tutup radiator rusak
* Pipa air keropos
* Fan lemah sehingga air menyembur keluar krn panas.
* Radiator mampat (Sirkulasi kurang baik sehingga terdapat tendangan balik)/radiator bocor.
* Thermostart rusak(Berakibat panas, trus air terbuang ke reservoir) (Wiwi)

Q : Mas -Bapak -Om -Mbah adakah yg tau harga kaca dpn corabs dan tempatnya dimana? Kemarin sabtu sore jam 4 sore ane kena musibah kaca corabs kena bola golf saat perjalanan arah Tj.Priuk.Kaca lgsng retak panjang depan stir (Eko Sulistiyono)
A : Kalo urusan kaca mobil, ane dah pernah keliling, yang paling murah salah satunya Moro Seneng (senin sblm terminal) (Ismanto)

Q : saya pny pengalaman dengan corabs saya, dimana ketika dipakai pada kecepatan 120km/jam setir bergetar, ada yg bisa memberi saran spy setir tidak demikian ?
kira-kira permasalahannya apa yach ? (Dedi)
A :
Sentir eh Steering bergetar :
1. Spooring tidak menyebabkan getaran. Yg menyebabkan adalah Balancing. Klo Balancing biasanya di kecepatan 80-100Km/h. Di atas itu hilang.
2. Shock Absorber lemah/kurang baik : Makin kencang makin bergetar.
3. Bisa dari balance Bearingnya sudah kurang baik.
4. Bisa dari Bearing roda.
5. Bisa dari Ball Joint.

Coba dicheck itu dulu. Semoga lekas sembuh. (Wiwi)

Q : Mohon info nya, apakah ada pengaruh kalau kita mencabut accu mobil terhadap ECU ? saya mendengar ada beberapa kendaraan yang alergi ini, bagaimana dengan perlakukan melepas Accu pada Corona twincam ?
Kalau mobil ditinggal 2-3 hari tanpa di panasi rutin tiap pagi apakah hal ini juga akan mempengaruhi ECU ? (Asep)

A : Sejauh pengetahuan saya sampai Camry gak masalah klo sampai cabut aki dalam waktu lama. Untuk di PUG ada beberapa kondisi. Di seri 206 saya pernah mengalami ECU locked. Tp bisa dibuka dengan kode yg diberikan oleh pabrik (dalam bentuk card). Untuk PUG 406 lebih dari 20mnt, BLANK. Untuk Merc*, BM*, immobilizernya berada pada kuncinya. Setiap kunci memiliki voltage yg berbeda yg akan dibaca oleh kontak. Jd klo pakai kunci bukan bawaannya tidak akan hidup. Apalagi klo ECUnya sampai mledug seperti rekan kita di Makassar, mereka tidak bisa pakai ECU copotan. Sekalipun bisa harus lengkap dengan transpondernya immonya.(Berlaku untuk mobil baru), tetapi produk Jepang tidak pernah terjadi ECU LOCKED or Blank (sekali lagi sejauh pengalaman dan pengetahuan saya).

Yang penting, saat mencopot accu lebih dulu negatifnya (-)/ground dg maksud mencegah adanya korslet saat membuka kepala aki positif.
Sedangkan klo mo pasang, sebaliknya. Positif(+) dulu baru negatif.
Prosedur ini juga berlaku saat jumper accu. Usahakan mobil yg mo dijumper dalam posisi kontak off. (Wiwi)

Q : Numpang nanya deh gan, Corabs ane kalo pas hidupin pagi keluar asap putih lumayan banyak di sertai keluar air dari ujung kenalpot asap keluar nya sih lumayan lama, kalo manasin nya lama pas fan radiator nya muter asap tiba2 hilang tapi pas fan berhenti muter asap nya muncul lagi … Kalo kondisi nya seperti itu kenapa ya gan … trims

A1 : Ada 2 macem asap kalo mesin baru dihidupkan.
1. Asap uap air karena proses kondensasi karena iklim dingin/pagi/ malam, habis hujan, dll (kondisi mesin baik).

2. Asap oli karena seal klep bocor (kondisi mesin rusak) asap karena seal/klep bocor biasa keluar saat mesin mobil baru dihidupkan setelah beberapa saat asap akan berkurang/hilang.

Untuk lebih meyakinkan coba di cium bau dari asapnya, karena bau uap air dan asap oli jelas sekali perbedaannya.
Atau dengan cara mendekatkan piring di ujung knalpot, apabila nanti di permukaan piring ada air/uap air yang menempel berarti asap itu hanya akibat dari proses kondensasi di mesin.

A2 : nanggepin masalah smoke yg keluar dari knalpot.. ada dua masalah disini.
1. asap putih keluar pas mesin baru nyala (pagi hari, mobil abis berenti agak lama dsb) yg ini biasanya disebabkan oleh seal klep yg udah getas/keras. pada kasus ini tenaga mesin tidak terpengaruh( oke2 saja) dan asap keluar hanya pas mesin nyala doang.. abis itu ilang sedikit demi sedikit. dan juga olie mesin berkurangnya agak lama/tidak terlalu boros. karena asumsinya olie yg terbakar tadi(asap putih) hanya berasal dari rembesan batang klep yg masuk ke intake manifold dan lalu terhisap oleh piston/seqer bercapur dngan bensin lalu terbakar oleh pengapian. karena disaat mesin nyala, rembesan tadi justru tidak terlalu banyak dibandingkan waktu keadan mesin diam/mati..
2. asap putih keluar pada saat mesin nyala(terutama pada rpm menengah keatas) dan terus berasap apalgi kalo suhu mesin tambah panas. bisa kaya semprotan nyamuk DB. yg ini biasanya disebabkan oleh ring piston nomer 3(ring olie) yg sudah aus. bisa juga karena memang piston sudah oblak. pada kasus ini tenaga mesin agak letoy dikarenakan kompresi yg sudah rendah..(ngobos *jawa*) olie mesin juga berkurang agak banyak/boros olie. dikarenakan olie mesin yg melumasi piston bablas naik kepermukaan piston dan ikut terbakar. dan ujung elektroda busi selalu basah olie seperti hidung si guguk. bisa juga dilihat dari selang pernafasan mesin(pipa karet kecil yg masuk ke saluran filter udara) akan mengeluarkan asap putih. karena tekanan kompresi bablas(bocor) ke ruang mesin(bak olie).
jadi untuk membedakannya apa itu ring seqer ato seal klep yg kena ato malah pistonnya yg oblak.. ?? bisa dilihat dari bagaimana asap tadi keluarnya. coba nyalakan mesin(tadi malem abis nyala) dipagi hari,(apakah langsung keluar asap??) tunggu sampe temperatur pada suhu kerja mesin, lalu naikan putaran mesin sekitar 1500-1800rpm, dan tahan 30 detik(dianjurkan untuk tidak menahan rpm mesin berputar terlalu tinggi dalam waktu yg lama/lebih dari 30 detik)(apakah asap masih keluar??) bila tidak, bisa dipastikan seal klep saja yg kena. tapi bila pada kondisi tersebut asap masih saja keluar dan terus bertambah banyak… waduh..!! siap2 buat cari dana untuk overhaul mesin. tapi jangan keburu panik, coba dites kompresi dulu apakah kompresi masih dibatas normal..?? bila iya, bisa hanya diganti ring piston saja tanpa ganti piston(oversize) .
kasus lain dari mesin berasap bisa juga berasal dari olie rem yg terhisap masuk keruang bakar. lho…?? kok olie rem…??!? benar. olie rem yg terhisap oleh intake manifold dikarenakan silinder master rem(atas) sudah bocor/rembes dan olie rem masuk kedalam booster rem yg mana booster tdi mengambil kevakuman udara dari intake manifold. kejadian ini bisa terjadi dengan tanda2 sering berkurangnya minyak rem, tapi tidak terdapat kebocoran pada roda2 maupun pipa2 rem. dan olie rem tersebut mengendap didalam booster rem yg lalu ikut terhisap/masuk pada saat mesin nyala. hasilnya, asap putih juga yg keluar dari ujung kenalpot..!! tapi bisa dibedakan dari baunya(oleh para ahli tentunya.. hehehe..)
so…??, bagaimana model asap putih yg anda alami eh.. mobil anda alami..???? coba dicek lebih lanjut..!!!
sekian info dari saya.. semoga bisa membantu. bila ada kekurangan info mohon dimaafkan.

Q : Mau tanya dong PER standarnya corabs cari dimana yah dan harganya berapa. Soalnya corabs gw terlalu ceper nih pingin dibalikin standar, biar gak kepentok polisi tidur.
Kalo PCD-nya biar bisa pake 5×114,3 musti dibubut dulu yah, ada referensi toko dan harga nya. (Ismanto)
A : Rubah PCD di bengkel bubut sarinande jl RS Fatmawati, samping pasar mede total biaya Rp. 800 rb.
so far bengkel tsb memang sudah specialis ngerjain rubah PCD velg.
Jangan2x per standarnya pernah dipotong kali. btw n’tu per depan apa per belakang ? (Hendy)

Q : Sepertinya semua deh depan n belakang, tapi yang parah ban belakang. Masa gw ukur dari ban ke body kurang dari 4 jari, bayangin kaya apa cepernya padahal tuh ban 14″.

BTW Kalo mau rubah PCD, yang paling banyak yang 114,3 kali yah (Ismanto)

A : Kalo gak salah emang segitu clearance antara permukaan ban dengan bibir spakbor, karena pada saat muatan penuh/berat, ban memang bisa masuk kedalam spakbor. (istilahnya bannya nyelup ke dalam spakbor).
Yang menjadi patokan bukan ukuran ban 14″ atau 15″ dst, tetapi Out Diameter (OD) dari ban, sebagai acuan kalo ban standard Corabs 20 adalah :
- 195/65/R14 OD = 610 mm
Jadi kalau mau ganti velg ring yang lebih besar maka OD harus max plus minus 5 % dari OD standar.
misal:
Ring 15 sebaiknya pakai ban dengan profile : 195/60/R15 OD = 615 mm (+ 0,97 %)
Ring 16 sebaiknya pakai ban dengan profile : 205/55/R16 OD = 632 mm (+ 3,74 %)
Ring 17 sebaiknya pakai ban dengan profile : 215/45/R17 OD = 626 mm (+ 2,66 %)
Ring 18 sebaiknya pakai ban dengan profile : 225/40/R18 OD = 637 mm (+ 4,61 %)
Ring 19 sebaiknya pakai ban dengan profile : 225/35/R19 OD = 640 mm (+ 5,09 %)
Hal tersebut diatas perlu untuk memastikan kondisi bentuk roda jika dipasang masih sesuai dengan kondisi bentuk mobil dan juga agar spedometer tidak terkoreksi terlalu ekstrem dan beban torsi mesin juga tidak terlalu ekstrem terkoreksi.
Kalau mau rubah PCD memang variant model velg dan ukuran yang banyak menggunakan PCD 5×114,3.
Khusus buat absolute sebaiknya cari velg yang ukuran lebarnya 7 – 7,5″ offsetnya antara ET 40 – 45 syukur2 bisa dapat yang ET 48. Hal ini perlu agar ban belakang bisa nyelup kedalam spakbor tanpa perlu melipat/menekuk lips dalam spakbor (untuk mempertahankan bentuk body original) (Hendy)

Q : rekan2 yg terhormat.. Mohon pencerahan nih..
Di samping kisi AC yg d tengah kan ada tuas kecil tuh.. Yg bisa di naik turunin. Nah.. Tuh barang pungsinya apaan yah.. Dah dicoba naik-turun naik-turun.. Kayanya gak ngaruh deh… Mohon bantuan klo ada yg punya manual book bisa tulung kasi pencerahan…
Oia… Mobilnya corabs
Terima kasih sebelumnya… (Fredi)
A1 : Bagi yg mempunyai buku pedoman pemilik, silahkan buka hal.103, di situ tertulis “Pada posisi paling atas, ventilasi tengah mengalirkan baik udara segar dari luar dan udara yg dialirkan dari unit penghangat(heater)/penyejuk udara (AC), langsung ke dalam ruang penumpang. Jumlah udara luar yg masuk ke dalam ruang penumpang, tergantung dari kecepatan kendaraan. Pada posisi paling bawah, ventilasi tengah mengalirkan udara yg berasal dari unit penghangat(heater)/penyejuk udara(AC). (Wiwi)
A2 : So kesimpulannya:
- supaya udara/angin/debu/bau dari luar gak masuk kedalam kabin.
- menjaga kebersihan sistem sirkulasi udara kabin
Maka posisi tuas kecil di samping panel ventilasi tengah udara sebaiknya berada dibawah
Kecuali kita tinggal di daerah/area yang lingkungannya bersih dan dingin/suhu udara nyaman. (Hendy)

Q : Temans,

Mobil gue (corabs m/t 2.0) kalo udah lama jalan kok di 1800 – 1900 rpm ngelitik di setiap gigi 1 & 2, tapi setelah 2000 rpm ngga masalah, tarikan masih ok. Tapi kalo jalan cuma sebentar kaya sejam dua jam sih ga masalah.

Yg paling parah waktu ke Bandung kemarin macet di setiabudi mau naik ke lembang itu gigi satu-nya knockingnya terasa banget. Udah dua bulan ini pake Shell sebelumnya pake premium gara2 fyul pam jebol. Terakhir tune up emang pengapian masih di-setting untuk premium.

Pengapian buat shell atawa pertamax berapa degree sih ?

Pencerahan needed (Balkie)

A1 : standart untuk primium biasanya pengapian di 8 – 10 BTDC kalo diatas primium bisa 12.
pengalaman kemarin kejadiannya persis sama om klo dah lama (mesin berarti dah panas ) kalo posisi gear 1 / 2 dibawah 2000rpm suka ngelitik ,. nah pas ganti timing belt sama c mbah di cek cek lagi ternyata sensor water temperatur udah sampe ajalnya alias rusak ,. tuh sensor mikirnya dingin terus hasilnya mesin jadi rada rada over heating ,. jadinya klo dah lama mesinnya ngelitik kalo di bawah 2000 rpm
setelah ganti tuh sensor sekarang dah nggak ngelitik lagi sampe sekarang masih minum primium tuh
semoga membantu (Rio)

A2 : Klo melihat penjabarannya, sepertinya ada yg kurang baik pada pendingin ruang bakar. Yg mendinginkan bukan hanya air yg dilewatkan radiator, bisa jadi terlalu tipis campuran bahan kabar eh bakar dg udaranya, karena semakin miskin campurannya (lean) suhu dalam combusion room semakin tinggi. Bisa jadi sensor udara (IAT:Intake Air Themperature Sensor yg sudah kurang baik). Semua bisa diakali dg menurunkan derajat pengapian, tp ya konsekwensinya tarikan berkurang.

Untuk RON 88 sekitar 8-10 derajat.
RON 88 keatas bisa 10-15 (wiwi)

Q : Corona Ex-Saloon 90 1.6 carbu, yang punya masalah setelah isi bensin atau habis berhenti saat mesin panas mesin ogah di starter lagi…dan harus di dinginkan minimal 30 minutes, kira – kira apakah penyakitnya…Thanks atas advise nya (Malik Abdul)

A : gak bisa distater atau gak kuat distater….
1. gak bisa distater = seperti tidak ada arus listrik yang konek ke dinamo stater.
2. gak kuat distater = arus listrik konek ke dinamo tetapi gak kuat memutar mesin.
Kalau kondisi 2 berarti aki sudah lemah, apalagi saat kondisi mesin panas kompressi di ruang bakar mesin lebih tinggi sehingga beban dinamo stater semakin berat. selain itu juga motor fan ada kemungkinan lagi on, sehingga beban listrik cukup tinggi.

Kalau kondisi 1 berarti ada masalah pada sistem wiring/relay/konektor/ kabel getas sehingga saat kondisi ruang mesin panas tahanan dalam kabel/konektor menjadi tinggi dan tidak bisa mentrigger relay untuk konek. (Hendy)

Q : Mau tanya, beberapa hari ini temperatur Corabs sering maks, ternyata air habis… Setelah diliat, air netes di water pump (kalo gak salah, dekat timing belt dll)… Apakah bisa diperbaiki, seal, ato apa selain ganti ya… Mengingat dana sdg terbatas…

Terus, jarum RPM di dashboard kadang nyala kalo udah agak lama, awal2nya sering mati… Apa ada socket yg kotor, kalo ada jalurnya di mana aja ya… (Ia Disyariza Firdian)

A : Saya coba beri penjelasan :
Ciri” water pump rusak :
Keluar air dari lubang indikator (Jgn paksakan menghidupkan mesin)
Terlihat kerak air (tidak netes tp langsung kering) berarti sdh minta diganti.
Mengenai kebocoran dari sekitar timing belt biasanya sih water pump minta diganti (sudah termasuk kategori parah)

PS : Jreng, klo water pump mending ganti baru. Tidak recommend pake copotan. Alasannya : Seal yg sudah terkena panas akan lebih cepat getas bahkan hilang kelenturannya bila sudah didiamkan. Contoh yg gampang dilihat Ban. Klo baru tahan disimpan lama, cuma klo yg sudah dipakai, akan lebih cepat kering dan rusak bila tidak dipakai.

Sebenarnya namanya Tachometer. Indikator putaran mesin yg menggunakan satuan Rotation Per Minute atau yg sering disebut RPM). Misalkan putaran mesin 1500 Rotation/Minute berarti Crankshaft (Technical English) aka Kruk As (Belanda)/ Krek As. berputar sebanyak 1500x /menitnya.
Kalau kadang” mati bisa dari socket kendor, bisa salah satu komponen sudah kurang baik (bisa dari tachometer circuitnya ataupun dari sensor di distributor(Technical English) aka Delco (Belanda) atau sinyal output dari Igniter. Klo sudah agak lama trus mati, biasanya salah satu komponen di circuit tachometer ada yg kurang baik. (Wiwi)

Q : 1. Ganti o ring pompa oli harus buka apa aja ya? Soalnya ada tetesan oli kemungkinan dari o ring pompa oli, sedangkan timing belt baru 10,000 km jadi sayang kalau buka timing belt. (Ada rencana cek juga water pump, kalau mau sekalian ganti lagi timing belt, seal dll).
2. Trus kalau jalan kasar kaki kiri depan ada bunyi agak gemuruh gitu apa ya.
3. Kalau boot as roda robek gemuknya bisa di injek? seblum ganti boot.
4. Satu lagi seal dalam distributor bisa diganti ga?Maksud saya nanti distributornya jadi rusak ga? (Maria Budiman)

A : Saya coba menjawab pertanyaan mas Budi :

1. Sebaiknya saat penggantian Timing Belt, Semua Seal (Seal Crankshaft/kruk as depan, Seal Camshaft/Noken as Seal Pompa Oli) wajib diganti mau itu bocor atau tidak karena semua terletak di belakang Timing Belt. Jgn lupa Tensioner dan Idle Bearingnya. Karena ganti semua ataupun satu persatu ongkosnya sama yaitu ongkos ganti timing belt. Itu semua seumuran. Bila kemarin hanya ganti timing belt saja, saat dibongkar nanti lihat kembali timing beltnya bsah oli atau tidak, klo basah sebaiknya ikut diganti lagi karena karet akan melar terkena minyak.
2. Bunyi Gemuruh bisa dari permukaan ban yg tidak rata, Bisa juga dari Bearing/laher roda. Coba di check bannya dulu saja yaitu dg cara meraba. Bila bergelombang coba ditukar dengan ban yg masih baik. Ban bergelombang bisa diakibatkan oleh suspensi yg kurang baik/bahkan sdh rusak. Bila ditukar gemuruhnya msh ada berarti bearing roda sudah aus alias minta minum eh minta diganti. Untuk memeriksa bearing cukup gantung roda yg bunyi, lalu putar dg tangan klo aus biasa suara jg bergemuruh. (Bisa dilakukan pengecheckan sendiri)
3. Boot as roda sebaiknya diganti. Mau diinject sebanyak apapun pasti langsung habis dikarena putaran yg sangat tinggi.
4. Seal distributor sebaiknya cepat” diganti krn klo dibiarkan saja, biasanya oli yg masuk ke distributor bisa nyiprat ke sensor/trigger pengapian dan bensin. Biasanya spoolnya keluar dari rumahnya trus kesambar rotor putus. Klo sudah gini harus sensor/distributor yg harganya sudah pasti lebih mahal dibanding harga sebuah seal distributor. Pengerjaan sebaiknya dilakukan oleh orang yg berpengalaman krn resikonya tinggi. (Wiwi)

Sumber : CIC

156 Comments

  • rochim says:

    mhn maaaf sblmnya kang….mau ngadu dan bisa dikatakan curhat juga….gini kang…saya punya mobil corona GL `84…kendala yang saya alami adalah :

    1) kmrn saya mengalami musibah mobil saya abis benerin noken as-nya soalnya keabisan olie…trus setelah diperbaiki (las dan bubut) di bengkel…bunyi mesin jadi kasar seperti mobil diesel…bingung nich kang harus diapain lagi soalnya udh dibongkar di dua bengkel tetep hasilnya sama…..KASAR

    2) Kemarin pas saya bawa pulang kampung…tiba2 lampu sein tidak bisa berkedip alias nyala terus…kira2 langkah yang harus saya lakukan gimana….klau bisa diperbaiki sendiri kang

    demikian kang kira2 mohon dibantu kendala saya…..
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    • rio 301 says:

      saya mungkin cuma bisa bantu jawab untuk no 2 ya kang ,. lampu sein gak mau kedip kemungkinan flasher (bener gak ya nulisnya?) udah rusak part ini kerjaanya buat bikin kedip kedip centil tu lampu sein kang ,. jadi caran satu satunya ya harus ganti
      untuk jawaban no 1 kita tunggu jawaban dari temen temen yang lebih tau kayanya kang
      makasih

    • mBah Kucluk says:

      Sebelumnya saya mohon maaf. Klo kasus seperti ini, tidak ada yg bisa memperbaiki. Saran saya, mending ganti head set (include camshaft/noken as). Soalnya tdk ada yg menjamin kepresisian hasil bubutan antara noken as dan rumahnya yg terdapat di cylinder head. Dari pada membuang uang untuk perbaikan, mending diganti saja. Krn baret sedikit saja pada noken as, akan menimbulkan suara berisik.

  • ManTum says:

    Setuju dengan mbah kucluk,
    Karena mesin pernah mengalami gesekan tanpa proses pelumasan yang baik maka kondisi metal/baja komponen mesin (camshaft, krug as, piston cs, silinder head, engine block, dll) telah mengalami distorsi, baik bentuk (melintir), maupun kerateristik bahan/mutu bajanya.
    Seharusnya memang dari awal saat terjadi kerusakan yang disebabkan oleh proses pelumasan yang tidak baik, solusinya adalah mengganti part komponen tersebut (terutama Silinder head komplit), atau syukur2 bisa sekalian aja swap engine.

  • Bedoel says:

    Permisi mau tanya. Saya pakai Corona TC 1,6 1991. Ada beberapa pertanyaan yang saya.

    1. Kenapa ya mobil saya setirnya masih sedikit ngebuang ke kanan, padahal udah dua kali spooring balancing. Lebih parah kalo jalan bergelombang, setir bisa goyang gak beraturan. Jadi setir musti terus dipegang.

    2. Wipernya kok goyangnya agak kasar, padahal gak ada yang kendur di baut2nya, dan karet wipenya juga dah diganti baru. Kondisi ini bikin kaca depan saya tergores.

    3. Kalo mau cari onderdil seperti tutup AC yang ada di kabin dan penutup lubang antena itu di mana ya?

    Sementara itu dulu yang saya mau tanya. Terima kasih…

    • Jejeh says:

      1. Apakah kaki2nya sudah dicek semua, soalnya banyak bagian di kaki2 yang bisa bikin mobil ngebuang, cuman kalo liat setir goyang tak beraturan mungkin yang dicek pertama kearah power steering dan semua bagian pendukungnya yg nempel ke roda. apakah gejalanya disertai dengan suara2 maksudnya ada suara besi beradu atau klek klek atau sebagainya?

      2. ada kemungkinan motornya dan mekanisme wiper-nya mungkin ada yang sudah seret atau sedikit macet

      3. nah kalo yang ini sih selamat berjuang soalnya susah dan kalopun ada suka dodol harganya, tp kalo tetep mao nyari mungkin bisa hunting ke junkyard atau ngembat punyanya temen yang lagi meleng

      Maafkan kalo ada jawaban yang meleset maklumlah namanya juga kita masih pada belajar :p

  • ManTum says:

    Bantu nambahin aja ya mas Bedoel.
    1. Cek ball joint, tie rood, bushing kaki2/roda dan cek juga sock absorber dan supportnya, juga ada kemungkinan spooring gak presisi sehinggha alligment rodanya tidak sempurna. untuk Corona TC ban belakang juga harus di spooring.
    2. Bushing link mechanic wiper-nya mungkin sudah rusak (oblak)
    3. Coba cek di Shifa motor Dutamas Fatmawati lt.2 (barang copotan ex. singapur)

    Salam
    WanSepentin

  • ManTum says:

    Buat mas Rochim,
    FYI aja saya punya silender head komplit mesin 4AT bekas corona ex. salon th 87, kalo mau tanya aja sama mbah kucluk coz. barangnya ada dibengkel beliau.

  • aldo says:

    mau tnya dong.. kalo yg jual spion second corona tahun 75 dmna ya? di jabodetabek??

  • mafruchin says:

    maaf kang numpang, mobil sy corabs 86, knp gasnya sering drop setelah perjalanan agak lama. penyebabnya apa ya kang? trus solusinya gmn? Mohon pencerahannya kang…
    Matur nuwun..

    • mafruchin says:

      maaf kang numpang nanya, mobil sy corona ex saloon 86, knpnya RPMnya sering drop setelah perjalanan agak lama. penyebabnya apa ya kang? trus solusinya gmn? Mohon pencerahannya kang…
      Matur nuwun..

      • Arief says:

        Maaf Om domisilinya di mana yah? kalo di jakarta dan sekitarnya kita ada bengkel rujukan

      • Jejeh says:

        kalo ngga salah waktu itu Rio pernah ngejelasin nih tapi aku agak lupa, kalo ngga salah ini nyangkut ke distributor deh jadi kalo udah panas dia bakalan drop mesti dikompress dulu sampe agak dingin baru bisa lancar lagi.

        Kang rio tolong dibantu dong ini

  • mafruchin says:

    Maaf kang, aq domisili di Jakarta Timur

  • Marshall says:

    saya (Newbie) barusan dapet corona 2000 th 78, pada waktu dapat tuh mobil, saya gak ngecek lampu rem belakangnya (mati). dan ternyata switch rem lampu gak nyambung sama sekali dengan kabel2 yg ada di bawah Setir, mohon bantuannya bagi para master, kabel manakan yg hrs saya sambungkan ke switch lampu rem saya ? apakah ada skema ato foto sehingga jelas ? Thanks

    • Arief says:

      Wah agak ribet kalo masalah kelistrikan mendingan serahin ke yang ahlinya daripada jadi konslet. Kalo domisili di Jakarta dsktrnya, ke gandul aja ke Mbah Wiwi di 021-91851855

    • nasigorengati says:

      Ada 2kabel,yang pertama ada tegangan 12 volt, kabel kedua yang berhubungan dengan lampu rem. Diurut aja kabelnya atau dibikin lagi

  • Toto Krismarianto says:

    hallo saya ada kelemahan juga di mobil saya yaitu mengenai speed saya sistem digital namun untukm nya tidak berfungsi, langkah apa yang harus saya lakukan….terimaksih..

  • yudha says:

    mau nanya nih sama master2,,mobil sy galant v6 th 95, bru ganti seal (krn ada oli bocor), setelah itu kok mesin jd kasar ya ( ngeletek )? kira2 apanya y kang? apakah saat ganti seal itu ada yg salah pasang? trims jwbnny

    • Jejeh says:

      ada kemungkinan pada saat oli bocor sebelum ganti seal mungkin mesin pernah mengalami kekurangan oli sehingga mengalami kehausan komponen, atau mungkin juga ada kesalahan pada saat pemasangan seal.

      ini seal apanya yg diganti?

  • bedoel says:

    Numpang nanya lagi neeh, Corona TC 1,6 1991 saya kok kalo pake lampu standar gak terang ya. Sempat pakai relay tapi koslet melulu, jadi saya kembalikan ke standar, dan imbasnya tak terang. Padahal, akinya masih oke. Kenapa ya?
    Thanks

    • nasigorengati says:

      Pake relay korslet melulu? Rangkaiannya bikin sendiri apa beli jadi?pake lampunya yang berapa watt? Dengan lampu standar 55/60 W sudah memadai yang penting reflektor sama mika lampunya masih bening

  • Reza Pahlawan says:

    gan, q mau tanya masalah mesin diesel.
    mesin diesel q habis di overhaul ko malah rpmnya gak bisa naik padahal uda di gas mentok. kenapa ya gan?
    tolong di jawab ya gan

    • made says:

      Setelan mesin corona absolute pada rpm 600 apabila diberikan ac menjadi 800/900 knp tidak mau sama

      • made says:

        Dan juga apabila jln macet posisi mobil non ac jlnnya bagus rpm ada pada 600 tapi setlah saya hidupkan jalannya tdk bisa normal.pada waktu mati ac bagus

  • WARNO says:

    MAAF BANG MAU TANYA,CORONA EX SALON 88 NONGKRONG HAMPIR 1,5 TH SEBELUM DI TUNE UP KEBENGKEL OLI MESIN PERLU DIGANTI DENGAN YANG BARU APA TIDAK JIKA MESIN MAU HIDUPKAN,APA MESTI DIDEREK DULU SAMPAI KEBENGKEL?

    TKS

  • nufus says:

    Punten….mau nanya nih,lampu senja sama lampu besarnya punya saya ga hidup, padalah dah ganti relay sama sikring kira-kira da yang punya skema wiring nya ga? punya saya corona twin cam 1990….Tks

    • nasigorengati says:

      Cek dulu switch lampu senja/besarnya, kalau tidak ada masalah cek tegangan 12 volt yang msuk ke switch

  • azieeb says:

    ikutan nanya,1. cor80 ane, kalo pagi2 distater n pencet gas trus idup lancar. tp kl ane lepasin tuh pedal gas eeh mesin almarhum , distater lg langsung jegur lagi, lepasin pedal lg.. koit lagi. tulung dong mbah kasih tahu jurusnya biar anteng n mesin idup walau kg dipencet tuh pedal gas.kl dah panas lancar lancar aja mbah. 2. pernah satu kali, lg lg enak enak jalan ane pencet kopling tiba tiba mesin mati. What happen tuh mbah tulung mbah tulung.

  • marshall says:

    saya (Newbie) pengin ganti mesin yg agak baru nih, mobil saya Corona 2000 Th 78, Mesin mobil apa aja yg cocok buat mobil saya tersebut ? kira2 harga sampe brp ? thanks buat agan2 smua …

  • Eko says:

    @ All : Jika pertanyaan belum ke jawab coba di share di millis CIC yaitu corona-indonesia-club@yahoogroups.com

  • Numpang nanya buat BApak2 dll,

    1. Bagaimana mau jadi anggota club
    2. saya baru 1 bulan pake corab 94, 1600 cc dan ternyata dudukan kanvas rem yang sebelah kiri udah diganti sama punya great, pertanyaannya: apakah bermasalah kalo dudukan kanvas rem itu berbeda kiri dan kanan (semua depan), dan kalo saya mau ganti dimana gan ya nyari barangnya?

    terimakasih, fitriadi yunus

  • wahyu says:

    corona/71- mo ganti cdi gmn? dmn? brp?

  • aldi says:

    Nomor dan alamat lengkapnya mas wiwi yg digandul apa ya?

  • yahya says:

    slm kenal semua: ane punya corona 80: mika lampu belakangnya pecah: tolong infonya dong: dimana bisa kita beli N harganya berapa?

  • Teuku Zulkifli says:

    Salam corona indonesia club…
    Abang2 dan Kakak2 CIC.
    Perkenalkan nama saya Teuku Zulkifli, domisili Banda Aceh.
    Saya baru 1 bulan beli corona EX Saloon 2.0 G tahun 1993. Saya punya masalah di saklar sentral power window. Rupanya barangnya itu udah ancur berkeping-keping ntah dimakan tikus ntah dimakan yg punya sebelumnya, hehe…piss. Waktu saya beli, saya nggak teliti rupanya dilem oleh setan, eh dilem setan… Saya mau nanya kalo beli yg baru berapa ya? Kalo satu set 4 pintu saklarnya aja berapa ya? Maaf kalo banyak tanya, maklum baru beli… Makasih atas jawabannya. Salam semua dari Banda Aceh…

  • jitron says:

    saya mau tanya,saya punya corona exsaloon 87,sepatu kanvas bgn kiri tidak ada sehingga sering bunyi2 karena longgar,apakah ada yg tau tempat jual mepet/sepatu kanvas,tks

  • jitron says:

    mohon alamat suku cadang corona exsaloon 87 di jakarta,tks

  • candra says:

    q : mesin corrona absolute tahun 93 pas abis d ajak jalan lumayan mesin jadi panas, berhenti untuk istirahat pas mau d stater g bisa nyala. itu knapa y??

    • arief says:

      Biasanya sih Om pendinginan yang kurang sempurna dari radiator atau kipasnya bekerja kurang maksimal, langkah pertama coba kuras air radiator deh, mudah2an bs terselesaikan, cheers

  • febrieko says:

    Mas2 dan agan2…kalo mau cari velg racing r15 utk corex dimana ya..? sy search kok agak jarang ya yg jual..plis info…thanks…

  • febrieko says:

    skalian tanya…bengkel corona di jogja yg udah master dimana ya…?? trims…

  • yoyok says:

    Om .. form isian untuk daftar CIC club dimana ya ?, please infonya ..

  • Yadhie says:

    Om mohon pencerahan tentang corona exsaloon th 87 mesin panas, asap knalpot keluar ngebul hitam, temperatur stengah di jalan apabila macet total mesin langsung ngedrop.

    • admin says:

      Om Yadhie, masalahnya sharing di milis CIC yaa, klik kanan bawah, tinggal masukin emailnya, di situh sesepuh2 CIC ngendon

  • reza says:

    sore semua, permisi numpang taanya2 info ya, klo bengkel rekomendasi di jakarta pusat untuk corona 91, dimana ya? trimss,,,

  • fabian says:

    mo ty pak/bu, say pake kijAang diesel 2000′ sering amper panas kalau ac , music full dan air radiator menguap, mesin mati, start lg tdk jalan, mo ty masalahnya apa ya kira kira????? mhn share all my brotherS……..tq

  • genki says:

    sy pake corona 2000 thn 78,s ada rencana mau ganti gearbox 5 speed,pake gearbox apa ya yg pas(PNP)tks

    • nasigorengati says:

      Pake punya absolut ato twinnie cocok tuh

      • jay says:

        para agan2.semua ane mau tanya nie mobil ane corona th 89. 1.klo gigi.1 dan 2 klo pelan ngeliktik. 2.ada lg masalah pd blkng seblah kanan. klo jalan rusak bunyi. bgm solusi nya. tolong bagi2 pengalaman. 3.outomatis ac uda gak main lg.. main nya. otomatis ac saat kencang, kira2 apa ya. penyebab ny.

  • jay says:

    para agan2.semua ane mau tanya nie mobil ane corona th 89. 1.klo gigi.1 dan 2 klo pelan ngeliktik. 2.ada lg masalah pd blkng seblah kanan. klo jalan rusak bunyi. bgm solusi nya. tolong bagi2 pengalaman. 3.outomatis ac uda gak main lg.. main nya. otomatis ac saat kencang, kira2 apa ya. penyebab ny.

    • nasigorengati says:

      1. Pelat kopling udah ga rata, solusi? Ganti pelat kopling
      2. Cek karet2 dan link stabilizernya
      3. Maksudnya otomatis ac saat kenceng apa ya? Cek thermostat/thermistornya, atau memang keluaranginnya kurang dingin sehingga ac tidak off otomatis

  • bubud says:

    Mas bro,,mau tanya CIC chapter lampung ada g sih?
    Alnya disini bnyk liat corabs sliweran,,tp g tw kpn bs kumpul utk sharing ilmu..
    Untuk mas admin,ditunggu jawabannya ya,,trims sblumnya

  • bim2 says:

    Spion sebelah kanan Corabs ’95 ngadat klo ditutup, harus dibantu manual pake tangan…kejadian pertama saat pintu masih dibuka, spion ditutup.
    tapi buka spion lancar2 saja.
    ada masalah apa ya?…
    mohon bantuannya

  • Dhy says:

    mw tanya om sesepuh
    ane pake corona ex-saloon 1.6 1987
    kog mobil suka ndut2an kya mobil ga di injek kopling saat kurangi gas padahal kcptan masih 40 rpm berkisan 1500 yg aneh lagi klo di tahan bentar mpe lbh pelan ilang, jadi gara2 itu ane sring bgt injek kopling, itu knp y??? trz oper gigi kadang jadi keras bgt antara 1-2-3 baik naik ato trun tapi klo ke 4-5 ga masalah, mhon pencerahan coz jadi ga nyaman bwa coro jadul ane yg tadinya enk dibwa santai
    thx

  • Dhy says:

    ^bbrp bulan yg lalu seh udah filter bensin juga bru bro
    klo bkn itu apa y??
    thx

    • nasigorengati says:

      Bersihin karbu, sama cek pompa bensin

      Kalo Perpindahan gigi yang susah, karena sinkromes gigi nya sudah aus, mending ganti satu gelondong girboks copotan, hitungannya lebih murah daripada harus ganti sinkromes satu2

  • Ali says:

    Mau tanya Kepada Agan2 yg senior….

    Indikator Panas (ampere Panas) mobil saya ga naik… padahal kondisi mesin sudah sangat panas, saya pernah bawa mobil ke tukang kabel eeehh malah dianya bingung, mobil saya tahun 1988 akhir, kira2 untuk dimedan dimana ya bengkel yang khusus mobil corona ???? maklum baru 2 minggu pegang mobil ini, mohon bantuan pencerahannya ya agan2…

    Best Regards

    Ali Mas’ud

  • fery says:

    Mau tanya nya kepada pecinta corona, saya punya corona twin cam th 89 masalah nya pada klep mesinnya bunyi kletek2.saya uda tanya ma bengkel klo klep mesin corona gak bs, di stel harus di ganti coin nya. Para agan ada yg tau gak bengkel yg bs ganti coin klep. Mobil saat gigi 2 klo pelan bergetar.plase info nya. Agan-agan tks.

  • I’ve been surfing online greater than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is beautiful worth sufficient for me. In my opinion, if all web owners and bloggers made just right content material as you probably did, the internet will likely be a lot more useful than ever before.

  • 3ono says:

    permisi agan-2 senior,mohon info
    Silinder Head 4AL Corex 85 bisa gak ya diswap ama head twincam 4AF???
    Mohon pencerahan…

  • deddy says:

    Mohon bantuannya, saya punya mobil corona ’89 saat ini menggunakan aki kering, pada saat menghidupkan lampu sein terkadang mati kalo sudah kelamaan dinyalakan. tapi selang beberapa saat kembali normal, kira-kira apa penyebab lampu sein mobil saya mengalami hal tersebut. terima kasih atas bantuannya.

  • Dodi Yudoyono says:

    Numpang tanya dong,,,?
    Saya punya corona thn 80 2000cc, permasalahan nya di kopling, klo lg ngopling mau masukin gigi itu harus injek kopling ampe mentok/ dalem, tolong dong di jelasin :
    1), Apakah kopling tersebut bisa di stell?
    2), Apakah Plat kopling dah haus?
    3), Apakah Minyak kopling perlu di ganti ( tetapi minyak tdk bocor ),
    Terima kasih atas waktu nya
    salam,
    Wong Cileungsi

    • nasigorengati says:

      Coba cek dulu master hidrolik kopling atas dan bawah, kalo tidak ada kebocoran, coba dibuang dulu anginnya, kalo masih amblas juga setel ketinggian kopling

  • sumarsono says:

    Corona 2000 tahun 1990 temperaturnya cepat naik , radiator sudah dibersihkan, motor fan baru , sama indikator engine nyala terus.

  • sumarsono says:

    mau nanya om….. sy punya Corona 2000 tahun 1990 temperaturnya cepat naik , radiator sudah dibersihkan, motor fan baru , sama indikator engine nyala terus, bagaimana solusinya ya?

    • nasigorengati says:

      Cek thermostatnya, kalau macet ganti, terus cek water pump, kalo udah ada air yang keluar dari sela2 waterpump, segera ganti

  • rasdan says:

    Permisi Om Om semua,
    mohon pencerahannya, mobilku Corabs th 97, aku baru ganti waterpump dan termostart baru karena kipasnya udah karatan dan rusah, radiator karena dah rusak aku ganti baru, akan tetapi pada kondisi macet temperatur cepet naik sampe mentok….
    Haturnuhun

    • nasigorengati says:

      KIpas hidup ga? kalo yakin kipas hidup, kondisi berhenti tanpa ac, gas agak tinggi, lihat apakah temperature naik lebih dari 1/2? kalo ya, artinya masih ada udara di dalem radiator, isi lagi radiatornya sampai penuh

  • aji says:

    permisi sahabat corona
    mau tanya, saya punya corona twin cam efi th 1990 2000.pada 1500-2000 rpm mobil jalannya kayak odong-odong(nyendat-nyendat),klo diinjang kopling sedikit hilang.diatas 2000rpm tidak masalah jalannya.kira-kira kerusakan ada dimana ya?
    makasih sebelumnya.

  • DONY says:

    Saya mau tanya.
    1. Aki gua sering soak padahal baru diganti (belum sebulan), kalo jalan sambil denger musik…. besok paginya… udah susah ngidupinnya… sering bunyi ketek ketek ketek ketek… ada yang bilang suit, dinamo… kira2 apaan ya?
    2. di mesin kalo lagi manasin bunyinya ketek2, kayaknya sih dari klepnya , tapu gw nggk yakin.. hbs kemaren udah ganti seruling templar klep sama dudukannya jua 5 biji. hbs diganti agak mendingan, sekarang mulai lagi.
    3. masukin gigi 1 kayak ada yang nyandel, padahal kopling udah diinjek… harus diulang 2 – 3 x baru mau masuk gigi 1 nya.

    mohon sharenya ya…
    DONY – PANGKALPINANG

    • nasigorengati says:

      1. Bisa jadi dari dinamonya, cek di tukang dinamo. Ada kemungkinan penjepit as nya udah longgar, waktu dinamo narik, jadi nyangkut
      2. Koinnya diganti ga?
      3. Kalo hal ini tidak terjadi di gigi yg lain, kemungkinan synchromesh gigi 1 udah aus, harganya lumayan mahal tuh, kalo mau sekalian ganti satu gelondong girboks

  • DONY says:

    Terakhir BOS, FAN BELT TOYOTA CORONA EXSALON 87 Nomornya BERAPA??? punya saya udah putus setengah… tapi masih mau jalan.. mau diganti nggk tau nomornya..

  • awang says:

    maaf mas, sy baru py mobil TOYOTA CORONA EXSALON 87, dipake sendiri ok, tp kl dipake 6 org trasa sokbreker gudakgeduk dan tenaga lemah pas nanjak hamir ngk naik…. kira2 apa ya saudara2 ku??? mohon informasinya.. trimakasih

    • nasigorengati says:

      Cek Kaki2nya, kemungkinan link stabilizernya sudah oblak

      Lemah pas nanjak kemungkinan kampas kopling sudah harus ganti

  • aji says:

    sahabat corona
    saya mau tanya.corona tahun 1990 2000cc twin cam.klo pagi dihidupkan / starter kok susah saya?kira kira apanya yang harus di cek/perlu diganti.thanks

  • hidayat says:

    salam kenal semua. saya punya corona twincam tahun 89 banyak permasalahan nya : 1. kalau pagi2 di stater harus di kocok dulu gas nya baru bisa hidup. 2. setelah hidup chok nya main hingga rpm 1300, tapi masalah nya rpm nya gak mau turun. padahal mesin sudah panas. setelah di injak gas nya baru rpm nya turun. kira2 apa masalah nya. 3.klo ngoper gigi kadang2 susah masuk nya, tapi kadang masuk gigi nya gampang. padahal kopling nya sdh di ganti 1set 4. mesin pada waktu hidup goyang tidak diam engine mouting uda di ganti bahkan kemarin sempat turun mesin sebelah ganti head nya, masih aja gak ada perubahan. apa mungkin harus ganti karburator baru.

  • ajay says:

    mau minta pencerahan sama master2 corona. saya punya masalah pada roda depan. roda depan tidak sejajar (tidak center) roda sebelah kanan agak mundur tidak sama dengan yang kiri. kira2 ada yang tau gak bengkel yang bisa perbaiki. tolong kasih info nya. tks

    • nasigorengati says:

      Cek Swing Arm, dan Knuckle / Hub nya ,kemungkinan bengkok, pernah tabrakan ga nih mobil?

  • Spark smg says:

    Tanya nih, corona ex saloon efi 90 indikator temperatur kok di tengah terus, dr pertama di hidupin sampe kelar jalan. Tolong pencerahannya mbah, tks. (sebelum ganti extra fan normal)

  • Jamil Yunus says:

    Sy punya Corona Exsaloon 87. Sejak sy beli, selalu sj ada masalah. Masalah terakhir kabel rem tangan sebelah kanan putus kemudian master rem belakang kanan bocor. Yg jd soal, nyari barangnya susah banget. Sy sering ke toko ke sana kemari, pemilik toko selalu sj bilang kosong. Sy mohon batuan ditunjukkan dimana toko paling lengkap, khusus untuk jenis mobil sy. Sy tinggal di kota Sengkang-Sulawesi Selatan

    • nasigorengati says:

      Coba di Mandiri Motor di Makassar telp 0411-324391 atau 0411-316391, tokonya di jalan tentara pelajar di deket pelabuhan, bisa dipesenin kalo barangnya ga ada

  • Fatih says:

    Salam kenal, sy pemilik corabs 1996.. Mgkin curhatan sy sudah pernah diajukan. Jd begini, RPM corabs sy gak stabil saat mobil jalan ataupun kondisi diam.., kadang 1600 kadang 1000, kalo jalan pelan terasa nyendat (ndut-ndutan)’ he..he. Mohon pencerahannya, kira2 mslh nya dimana & apa yg perlu diservice/diganti? Apa mungkin alat pengatur RPM nya? Terima kasihhhhh..

    • nasigorengati says:

      Bersihkan ISC (Idle Speed Control) yang letaknya di bawah throttle Body, kalo masih naik turun Cek PCV (Positive Chamber Valve) dan selangnya, Fuel pressure regulator dan sekalian cek selang-selang vakumnya

    • tri says:

      slam kenal brow,punyae pean sama kayak punya gue,trus apanya itu bang fatih.thk,s

  • hary says:

    Malem temen2 pencinta corona : sy punya masalah mobil corona 1988 kadang2 mobil waktu jalan mesin tiba2 mati tindakan saya lepas busi no 1 kemudian menstarter sampai keluar udara dari tempat busi no 1 lalu saya pasang lagi. Setiap kali mogok pasti penyakitnya itu. Bisa minta tolong ada yg bisa saring cara menyembuhkan penyakit ini … Trima kasih

    • nasigorengati says:

      Cek Klep2 nya, kemungkinan ada yang macet, atau dari pistonnya yg macet karena ring nya udah longgar

  • adex bandit says:

    numpang tanya yaa…
    kalau api pompa minya pada corona ex saloon ’91 hilang, gimana cara / solusi nya om?
    langkah langkah apa aja yang mesti ditempuh untuk mendeteksi dan memperbaikinya..

    thanks…

    • nasigorengati says:

      Cek Kumparan yang ada dalem distributor, ada 2 kumparan disana. Kalau sudah ada oli, segera ganti distributornya

  • didit says:

    numpang tanya para suhu.. saya punya corona EFI 2000 thn 89..kode mesin ST171…kalau setiap nyalahin AC mesin mati.. lalu pada saat jalan tanpa AC.. lampu indikator engine menyala tiba2 mesin mati,tp pada saat lampu indikator engine mati, mesin normal.. setelah di cek lampu indikator menunjukan code 11:11 kalo boleh tau.. itu penyakitnya apa ya suhu??

    • nasigorengati says:

      Ganti Idle Speed Control dengan yang baru, harganya lumayan mahal sekitar 2,4 jt

  • ivan says:

    numpang nanya agan-agan, kalo bengkel yang bisa las blok mesin corona twincam di mana ya? ada yang retak blok mesinnya sehingga netes olinya..
    Trima kasih sebelumnya..:)

  • Heri says:

    Om2 semua…saya lagi nyari sulingan rotar arm corona 78 2000cc….Kalo ada info,,infokan ya ke hplanzho@rocketmail.com

  • sigit says:

    salam kenal nih…
    mobelku corona ex salon 91 dah seminggu nongkrong, nanya nich mbah :
    1. lampu main angine and lampu accu-nya di dasbord mati kalau dah gitu mesin gak mau diidupin. kenapa yah mbah?
    2. Klau di stater koq RPMnya gak naik, padahal kan mestinya naik baru kemudian turun setelah beberapa saat yac mbah

  • taufik says:

    salam kenal gan.
    mobil ane corabs 92 matic. ada masalah waktu jalan sampe di 60-70 km/jam dan rpm di 2000, rasanya koq gigi kayak naik turun dari 3 ke 4 trus terasa turunn lagi. itu terjadi kalo kita coba pingin jalan di kisaran 60 km/jam terus.
    kalo kita mau kencang di atas 80 km/jam, ok-ok aja otomatis di gigi 4. kira2 kenapa ya gan, cek oli mesin dan gearbox semua normal.
    mohon pencerahannya.
    trims

  • dylan says:

    misi agan2 sy pake corona twinie 92 permasalahannya lampu engine didashboarb kok gak mau mati yah.padahal abis turun mesin n mesin sampe skrg normal.mohon pencerahannya

  • indra says:

    salam kenal,nama saya indra,
    saya punya mobil corona 1990,masalah mobil saya kalo panas susah hidup,aku sudah tanya sama montir katanya si sekring EFInya panas,tapi aku liatsi tempat sekringnya leleh akibat panas,,minta masukannya biasanya kalo sekring efi panas sari mana ya…..

    • indra says:

      aku punya mobil corona 1990,apakah powerstrering bocor masih bisa di betulkan,soalnya kalo mobil di belokin power steringnya bunyi…..apakah masih bisa di betulkan

  • rasdan says:

    Assalamualaikum,

    Salam Kenal saya pemilik Corona Absolute 2.0/1997 mau ikutan jadi member CIC gimana caranya ya….

    Sekalian mau tanya bengkel di jaktim yg bagus dimana ya Om…
    Terimakasih

    Wassalamualaikum

  • hendri says:

    salam kenal.
    Saya pemilik corona ex saloon 91 kondisi mesin gak mau lansam… Trus keluar asap hitam klo bw pelan nyendat nyendat…. Ada yg tau penyebab nya gak.
    Trims sebelumnya

  • suhendri says:

    salam kenal.
    Saya pemilik corona ex saloon 91 kondisi mesin gak mau lansam… Trus keluar asap hitam klo bawa pelan nyendat nyendat…. Ada yg tau penyebab nya gak.
    Trims sebelumnya

  • fatih says:

    Selamat Pagi,
    Salam Kenal Semua,
    Saya Pemilik Corabs 96/2000cc, mau tanya ke semua yang mungkin tahu.. Fuse Box Corabs banyak yang meleleh, rencananya mau diganti.
    Kira-kira ada yang tahu Toko Onderdil yang menjual Fuse Box Corabs 96/2000cc dimana? dan berapaan ya harganya?

    Sebelumnya terima kasih atas attensinya.

  • samsil says:

    Salam kenal,
    Sya punya mobil corabs thn 94 2000cc,masalah mbl sya ni bensin boros bgt..bsa 1:5,,ASAP hitam pekat Dan knalpot hitam,,saya cek ke Toyota katanya kotak diagnosed sudah eror krna bnyak kbel putus soo scan ga bsa baca,,,ada solusi Dr temen2 ga,,,lokasi saya di pangkalpinang

  • iskandar says:

    kijang krista mesin diesel lampu timing belt dan accu kedip-kedip apa penyebabnya,dinamo amper dah diservis

  • arif says:

    pak bro mobil sy kijang jantan sewaktu sy maunyalakan lampu reteng kekanan gak ada masalah,setelah sy ganti ke lampu sein kiri bunyi seperti bel lampu sein nyala terus tak ber kedip kira kira kena apa itu pak bro..

  • andreas jarwo says:

    Salam kenal….saya saya punya corona absolute 93….kmaren bermasalah ,mesin nyala tiba2 jarum rpm gerak turun naik tak beraturan tp mesin tetep ato tdk turun naik seperti jarum RPM…trus tiba2 mesin mati…distarter hidup tp sama lagi mesin mati…sempat hidup lama,tp hbis itu sama lagi kejadiannya..sama bengkel suruh ganti relay2 yg dibox dekat aki,tp tetep tak bisa,dicek delco,delko rembes oli,kalu posisi kontak siap stater ada bunyi krik2..atau percikan api dalam delko…habis itu diganti Koil,pulser,tutup delko…dipasang,tp tak mau hidup dan bunyi krik2..ato percikan listrik dalam delko muncul lagi,dicek pulser sdh bocor kaluar serabutnya..sekarang sedang dicarikan delko copotan tp belum dapat,saya tinggal; disalatiga jateng.CDI belum diganti…apakah ada kemungkinan CDI juga sdh kena ya?apakah bunyi konslet didlm delko itu karn CDI sdh rusak?untuk cdi ori kisaran berapa ya harganya?untuk ECU sdh dicek tdk bermasalah….mohon pencerahan dan saran..nih mobil sdh belanja 3jtan tp tetep aja gak mau hidup makasih..

  • pujiblues says:

    @ om andreas jarwo .coba join millist cic nya om dan cari yg namanya mbah kuclux.biar dibenahkan coronya sekaligus oleh mbah kuclux.dijamin terdeteksi semua penyakitnya smpai akar2nya :D .di millist juga banyak ilmu2 memperbaiki dan merawat corona nya.

    salam

  • bogie says:

    Numpang curhat para sesepuh smua.ak punya corab 1990 2000cc injeksi
    1.klo pgi star awal tokcer tapi g mau stasioneri klo dah panas,di stater g mau nyala gas di injek dulu baru nyala( kayak karbu).stasioner bagus .
    2. Waktu jalan normal tapi waktu gas di lepas mesin tiba tiba mati,harus distater sambil nginjek gas dlu baru nyala n stasioner bagus(lampu merah )
    Please masukane ak dah pindah 3 bengkel g sembuh sembuh,mksih sebelumnya

  • kinta says:

    permisi om2 semua…
    saya pake corabs 95 2000cc matic…mo nanya dong…klo saya oper persneling ke R, lampu mundur sama skali ga nyala tapi bohlam oke ga putus,,,itu kenapa ya?
    makasih om2 semua atas waktunya :)

  • awg says:

    mo nanya nih bro, saya pake corabs 96 1600 cc. tau ga bro dmana jual regulator kaca pintu belakang n brp harga nya bro?
    Makasi sblumnya

  • asian says:

    malam om2 semua…mau tanya, saya pake corona EX saloon 1600 Matic thn 87 BuildUp, ada kejadian sewaktu mobil jalan ada bunyi krek-krek dibagian roda depan, begitu saya perhatikan bunyi tsb kira2 berasal di transmisi gardannya, yg sy mau tanyakan :
    1. asal bunyi tsb benar dari gardan atau as roda ya ?
    2. bengkel utk perbaikan yg bagus dimana ?
    3. kira2 esti,asi biaya-nya brp ?

    trimakasih sebelumnya

  • asian says:

    malam om2 semua…mau tanya, saya pake corona EX saloon 1600 Matic thn 87 BuildUp, ada kejadian sewaktu mobil jalan ada bunyi krek-krek dibagian roda depan, begitu saya perhatikan bunyi tsb kira2 berasal di transmisi gardannya, yg sy mau tanyakan :
    1. asal bunyi tsb benar dari gardan atau as roda ya ?
    2. bengkel utk perbaikan yg bagus dimana ?
    3. kira2 estimasi biaya-nya brp ?

    trimakasih sebelumnya

  • agung s says:

    1.mau tanya new member ya gmana ?
    2.Saya kebetulan baru pake corona absolute 95 ada masalah di kipas pendingin karena selalu hidup walaupun posisi mesin mati tolong dong mbah kuclux yang pakar ya corona
    3 maskasih

  • Fantastic issues altogether, you simply gained a new reader. What would you suggest about your publish that you simply made some days in the past? Any positive?

  • tri cahyo says:

    bang sy mau tanya dengan corona sya tahun 89,gasnya klo di injak pelan kok nyendat-nyendat klo dibuat banter gk,mslahnya ap?ap sensor bensinya..mhon solusinya.makch

  • saya mengalami mobil coronatwincam gk mau hidup, tdinya mobil hidu dan setelah lemer blok.

  • crona gk mau hidup

  • tananto says:

    Nama saya Tananto, saya mau bertanya pak, kalau kita mengganti silinder head lengkap dengan isinya ( silinder head ex.singapur ) apakah diperlukan penggantian part seperti klep, seal klep dllnya, atau langsung dapat dipasang ? Terima Kasih.

  • joko says:

    tolong di share dong,,,tempat beli karet pintu luar corona absolute di wilayah jakarta dan jawa barat.
    mobil saya corabs 96, karet pintu belakang sudah kaku dan longgar, kalau hujan airnya mrembes ke dalam.
    terima kasih

  • adit says:

    tolong dibantu bos,,corona 95 punya saya gasny kox ga bs dikecilin ya,di rpm di angka 1 trus

  • michael says:

    saya punya Corona 1.6 thn 94. pada saat bersih2 mesin (pke cairan pembersih khusus mesin) pas diatas dinamo ampere, dinamonya keluar asap. saya langsung copot kepala aki + nya terus dibuka dinamonya dan dibawa ke tempat servis dinamo.setelah dicek dinamonya tidak ada masalah..sampai dirmh,saya pasang kembali dinamonya ke mobil,pas kepala akinya di pasang dinamonya masih keluar asap.. Mohon pencerahannya. trimss

    • Nasigorengati says:

      Cairan pembersih mesin itu pake silikon, jadi kalau kena kumparan yang panas, keringnya lebih lama, biarin aja berasap sampe habis ga berasap lagi

  • dona oston says:

    mo tanya ne gan,knpa corona absolut new model taon 96 saya kalau udah panas jalan ndut2an,kayak minyak nya tersumbat,padahan di tune up…trmah kasih

  • Fairly excellent article. I simply discovered your blog site plus wanted to claim that I definitely relished looking your website discussions. In any event I am registering to the rss for wanting you write once more quickly!

  • TITIN says:

    Salam kenal dari Erwin,,mau nanya Boz..Ogut pya Absolute 2000cc,taon 94 apa ya busi yg aslinya…?mkci sblmnya

  • zulfikar says:

    mas numpang tanya..saya baru beli mobil corona 79…nih mobil rewel baNGET..sekarang kondisinya memprihatinkan…yang mau saya tananyakan,,sekarang kondisinya tidak bisa hidup, saya coba dorong..eh..gak mau masuk gigi..kopling kaya blong gitu..trus…saya cas aki..tetep ga mau start…kaya berat gitu..kira kira apa solusinya..mohon bantuannya mas..???

  • angger putra says:

    Saya punya mobil carona absolud th 1993 dlu bkas kecelakaan,,, trus udh ∂ï perbaikan tpi yang lain nya ngk mau hidup?? Arus listrik masuk k amper smua.. Trus pas d stater ngk masuk sama skali ∂ï kuil cdi bagus kira2 apa it rusak nya?
    Tembakan listrik sama busi nya ngk ada masu sama skali
    Apa it yang salah lgi??

  • bandi says:

    mau tanya dong, corabs 97/98 saya tiba-tiba suhunya naik terus sampe max, trus air radiator abis, pas dicek radiator ga ada yg bocor, ternyata setelah dilihat kipas radiator ga nyala, dicoba relay kipas di buka & dites pake obeng, ternyata kipasnya masih nyala, jadi kira-kira masalahnya dimana ya, relay atau sensornya, kalau sensornya letaknya dimana? mohon pencerahan, terimakasih sebelumnya

  • Abubakar says:

    Selamat malam. Maaf, saya mau tanya seputar Toyota Corona Twincam Ex Saloon G (Twincam EFI) Th.91. Beberapa bulan ini mobil ini mulai bermasalah di mesin, yaitu:
    1.RPM mobil kadang-kadang suka agak naik-turun dan selalu ndut-ndutan kalau lepas gas( kadang langsung mati)

  • Abubakar says:

    2. Ada oli di mulut Throttle body, bocor di distributor dan busi. Kira-kira ada nggak bengkel rekomendasi di Bogor? juga kira2 apa saja parts yg hrs diganti dan berapa biaya perbaikannya.

    3. Kira2 berapa harga(original&KW) VSV Actuator(aktuator idle up, yang untuk menaikan RPM kalau AC nyala) dan dimana toko onderdil yang lengkap? saya tinggal di daerah Bogor.

    4. Sejak mobil ini dibeli aktuator tersebut tidak berfungsi, jadi RPM drop. Lalu saya bawa ke tukang AC, karena aktuatornya nggak berfungsi disetelnya di ISC, idle-nya disetel jad 1500RPM, karena dirasa terlalu tinggi maka saya rubah lagi ke 1000RPM. Kira2 efeknya apa ya ke mesin?

    5. Mobil ini mulai ndut-ndutan setelah saya geber beberapa bulan lalu, tapi besoknya hilang dan terkadang muncul tapi sekarang nggak hilang-hilang.

    6. Kalau pagi pas start awal RPM nggak naik, kan biasanya kalau mobil pertama kali start RPM naik lebih dari 1500. Kenapa ya kira-kira?

    7. Semenjak awal dibeli mobil ini belum pernah di tune up, kira-kira berapa ongkos tune up di BeRes?

    8. di injektor ada rembesan bensin, dan konektornya udah pada getas dan patah(diakalin sama pemilik sebelumnya pakai sealer) kira- kira bisa diganti nggak konektornya aja tanpa beli kabel? dan injektornya bisa diganti silnya aja atau harus sama injektornya? Berapa harganya?

    Maaf kalau terlalu banyak.
    Mohon bantuannya, terima kasih.

  • umbaran says:

    Permisi gan
    ada yg punya kap mesin corona 2000 gak??thx

  • pasang nomor says:

    Hi, i think that i noticed you visited my website thus i came to go back the favor?.I’m trying to to find things to enhance my web site!I suppose its good enough to use some of your ideas!!

  • Simply wish to say your article is as astonishing. The clarity to your publish is just nice and i can think you are an expert
    in this subject. Fine with your permission allow me to seize your feed to keep
    up to date with coming near near post. Thank you
    1,000,000 and please continue the gratifying work.

  • ieswan says:

    Permisi Agan2….saya pakai corona tahun 1991 2000cc, knapa indikator bensinnya tidak mau naik walaupun sudah diisi full (spedo digital) kira2 apa yang harus dicek dan diperbaiki gan? mohon bantuannya….

  • Fauzie Ozzy says:

    Permisi gan saya mau tanya…

    Saya punya corona 2000 taun 1980..niatnya saya mau pasangin karburator kijang..

    Kira2 karbu kijangnya yg pas apa ya???
    Terus kelebihan dan kekurangan pake karbu kijang apa ya gan???

    Mohon pencerahanya ya gan…..makasih

  • almuntasir says:

    mas.. saya punya corona tahun 90 type G.2.0, tapi injeksinya rusak, yang ingin saya tanyakan:
    . Dimana saya dapat pesan injeksinya dan berapa harganya?

    Saat ini saya coba ganti injeksi EFI dengan karbulator dia hidup dan jalan tapi kurang lansamnya…apakah mungkin karena tabung injeksinya kepanjangan sehingga saya mau beli manipol kalbulator biar sekalian tidak usahpake injeksi…mohon informasi…

  • danny says:

    Misi mas bro yg udh senior sma corabs,corabs saya taun 96 yg 1.6cc.itu kalo mesin udh panas hbis jalan 1-2 jam kalo gigi angkatan 1 pas mau lepas pedal kopling psti angkatane g enak bgt.kyak “druduk druduk”.paling g enak klo angkatan jalan pas naek.ndut-ndut-ndut-ndut…
    Apakah ada prmslahan dgn master koplingnya?
    Soale dlu pas beli,pedal kopling nya hrus dkocok dlu.klo diinjek lama g bs balik.tak bawa kbgkel udh gnti seal smp 3x.tp prmslahan diinjek lama msh hrus ngocok dlu dan gigi 1 angkatan msh ndut ndut ndut ndut.
    Tolong pencerahannya.thanks

  • faisal ghozy says:

    Om mau tanya dong saya pakai absolute matic 96,terkadang indikator over drivenya suka kedap kedip tp gak sering terkadang2 aja..kira2 penyebabnya apa ya?trimksh..

  • Iyon says:

    Mas mas, mau tanya, indikator pada dashboard menyala merah itu apa, ya…
    bukan indikator oli.
    dan setarter awal pas kondisi mesin dingin itu jd susah…
    mohon pencerahan jawabannya.

  • wahyu says:

    mau nanya nih gan,tempat bubut pulley yg bagus di daerah jaksel.dmn ya?

  • aris says:

    ada yang bisa ngebantu gan; tuk masalah mobil futura 92 (CDI) kalo rpm rendah suka nyendat-nyendat khusus gigi 1 dan 2 tapi kalo buat ngeber (rpm tinggi ga masalah) padahal udah pada diganti ama bengkel (kbl busi, busi dll) trim ya..ta tunggu solusinya

  • denny says:

    Bos mohon bantuan nih, mobil saya corona absolute 94, mati total..
    ket: – saya udah service ECU, sudah ganti delco second, sudah ganti cdi baru nomor 2
    api busi ada terkompresi di nozzle ada minyak, sela mau hidup mesin ada tetapi belum mau hidup
    mohon pencerahan dan info? apa yang harus saya ganti lagi ataw di service..? mohon bantuan nya terima kasih

7 Trackbacks / Pingbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *