Ini trick dari pakarnya mobil corona di CIC, dan hanya berlaku untuk kondisi darurat ..ingat da..ru..ra..t.

Kasus-kasus dari masalah aki yang sering terjadi :

* Jika malam-malam, sendirian,  indikator lampu aki nyala : Biasanya IC nya sudah rusak untuk pengisian yg full loaded
* Aki tekor ditandai dengan mobil tidak bisa di starter : Bisa dari kapasitor yg rusak, bisa dari ICnya, bisa dari setrum aki yang sudah kurang (bisa dari airnya yg tawar/selnya ada yg rusak sehingga IC membaca inputan salah.(Terjadi pada altenator yg menggunakan IC)
* Aki sudah lemah: Biasanya terlihat dari fisiknya yg sudah menggelembung. Biasanya ada sel yg rusak atau baru mau rusak)

Untuk mengecek aki di jalan dan dalam keadaan darurat  :

Bisa mengkorsletkan positif dan negatifnya. Bisa dengan besi, atau kabel jumper. Sel yg rusak biasanya langsung mendidih. (Tidak boleh terlalu lama dan dalam hitungan detik).

Kalo mau mencoba, coba cari aki bekas dulu.
Jadi sebelum mengganti aki, sebaiknya pinjam dulu aki yg masih baik. Lalu lakukan pengukuran. Bila hasilnya berbeda, maka aki yg terpasang bisa langsung dilem biru. Bila sama, maka cek altenator/dinamo amperenya.

Sumber : Wiwi Wijayanto

66 Comments

  • yudix says:

    salam kenal buat CIC, saya ketut dari Singaraja-Bali, saya pengguna mobil corona exsaloon ST171,
    ikut nimbrung dikit nih masalah aki ini, karna baru dapat kasus dengan aki juga soalnya.
    Minggu2 kemarin mobil saya kalau pagi dinyalain langsung bisa, tapi kalau udah panas dikit aja, trus dimatiin dan dinyalain lagi langsung seok2 deh, tapi kalau didiamkan sebentar kira2 30menit, bisa dinyalain lagi.
    Setelah tanya2 ke bengkel, rata2 bilangnya dinamo starter-nya yang rusak, trus dibawa ke bengkel dinamo, di check akinya ada tegangan dan arusnya besar juga. akhirnya dibongkar juga dinamo starter, tapi akhirnya nihil juga.
    Kondisi masih tetep sama, kalau kondisi panas agak susah dihidupin ( jadi kadang2 mau juga dihidupin dalm kondisi mesin masih panas, tapi susah setengah mati ).
    kabetulan ada sodara yang punya aki ngak dipake akhirnya dicoba, eh normal hidupnya, kondisi dingin maupun panas.
    jadi harus ganti Aki baru deh.

    mudah2an bisa berbagi buat yang lainnya. THX.

    • Jejeh says:

      kalo misalkan setelah dicoba dengan aki laen masalahnya terselesaikan berarti mungkin memang akinya mesti diganti. Meskipun aki belum lama pakai mungkin saja ada cacat dari pabrik atau karena sebab laen. Waktu itu juga ada yg pernah ngalamin kayak begini tapi bukan dari aki tapi dari tempat lain cuman aku lupa kerusakannya dimana.

    • mBontot says:

      Wah kayanya ini sodaranya bli Pentul nih. Salam kenal Bli. Kita juga punya sodara 1 club. Dia dari Sinagaraja juga. Skr tinggal di Bdg. Namanya Putu Suky Narendra.

    • sukix says:

      Salam kenal bli yudix, saya Putu dari Singaraja juga tepatnya dari Tajun, yang sekarang sedang mengadu nasib di perantauan dan bertemu dengan rekan-rekan CIC. Syukurlah kalau masalah coronya sudah terselesaikan. Singaraja dimana nih bli? Boleh donk kapan-kapan kalau pulkam mampir liat coronya?

      Salam,
      Sukix

      • mBontot says:

        Jgn kasih tau bli Yudix, bli Pentulx suka makan orang. Wkwkwk….

        • yudix says:

          Dear Sukik, thx udah add by ym…
          Coronanya JADUL hehehehe.. ganyak historinya tapi, dari pejabat teras atas ampe pejabat paling pernah naikin ini soalnya..hehehehe…
          salam kenal buat anggota CIC semua. katanya mo rencana touring ke Bali, kalau jadi kontak2 ya.. kali aja bisa gabung saat itu…

    • fat says:

      benul tu.. sya jg ngalamin kasus yg sama, saat mesin panas susah stater,, untung sy blum bongkar2 dinamo stater, prkiraan saya jg akinya yg udah tua, jd intinya rusaknya aki tu bkan hanya saat pagi hari susah stater, tp saat panas susah stater jg bsa akibat aki mnt ganti,,, demikian. thks.

  • Arief says:

    Salam Kenal Om Ketut, terima kasih sharingnya mudah2an bermanfaat untuk semuanya.

    Salam,

    Arief-116

  • rbudip says:

    Salam Kenal,
    Saya Budi, mobil corona gl 1985 yang saya punya mengalami rembes oli dari transmisi dan pada saat mesin jalan masuk ke gear 4 selalu kembali ke netral sebabnya apa ya? satu lagi pada bagian kaki2 roda kiri belakang selalu bunyi gluduk2 pada saat melewati jalan rusak, mohon pencerahannya.

    • Arief says:

      Salam kenal juga Om Budi,
      Bisa jadi itu ada permasalahan di gearbox nya Om, tapi untuk lengkapnya bisa datang langsung ke bengkel resmi CIC di gandul, cinere. Kontak personnya dengan Wiwi Wijayanto HP no.085711184454 atau 021-91851855

    • Jejeh says:

      rembesannya dari mana om persisnya, maksudnya ini rembes dari packingnya atau dari mana? soalnya oli girbok rembes berarti girbok akan kekurangan oli sehingga kerja girbok menjadi tidak lancar akhirnya gigi sering loncat ke netral. jadi ini kayaknya nyambung nih masalah awalnya dari oli rembes.

      kalo bagian belakang gluduk2 coba cek bushing suspensi dan bushing arm

    • mBontot says:

      @Rbudip : Oli transmisi biasa rembes melalui seal as roda atau input shaft seal.
      Mengenai gigi yg suka kembali ke netral biasanya perahunya (istilah awamnya) sdh aus. Klo mau murah, biasanya perahunya ditambah daging. Klo ganti bisa cari copotan atau baru (lumayan mahal). Tp ditambah daging juga lumayan kuat kok. Cuma ongkosnya yg lumayan mahal. Karena kudu belah transmisi.

  • Frengki says:

    Tanya dong,
    Gue pake Corona GL 84, masalah cuma 1, kalo jalan macet udara panas mobil mogok, Coil rasanya lumayan panas. Udah pernah ganti Coil tapi masalah.

  • Teguh Santoso says:

    Salam Kenal,
    Saya punya Corona 91, kadan dikabin suka bau bensin saat diisi penuh terasa banget baunya. Cek bagian mesin gak ada rembesan.
    Apanya ya yang harus saya perbaiki?
    Terimakasih

    • mBontot says:

      Bau bensin biasanya ada kebocoran bahan bakar dari injector. Bisa dari seal”nya. Bisa juga dari injectornya sendiri. Sebaiknya secepatnya diperbaiki. Sebab ini pemicu terbakarnya mobil.

      • Teguh Santoso says:

        Thankyou Pak,
        Satu lagi pak, kalau mau beli box sekring (didekat aki) bisa tahu tokonya pak? kalau baru esimasi harganya berapa ya pak, kalau copotan ada gituh pak.
        Kalau di Bandung punya bengkel yang bapak rekomendasikan untuk perbaikan Injector tersebut.

        Mohon infonya pak, BestRegards

  • Frengki says:

    Tegangan di Aki benar 12,7 V, tegangan di + Coil, pompa bensin & FAN Elektrik kok cuma 8 V ya ? Apakah artinya perkabelannya udah ga beres ?

    • mBontot says:

      Coba di bersihkan kabel” massa/groundnya Oom. Biasa suka bad contact. Sekalian dibersihkan kepala accunya dg mengerok menggunakan pisau atau obeng. Jgn menggunakan amplas. Krn residunya malah memperparah kondisi bad contact.

  • runa says:

    Salam kenal, saya punya corona twincam 2.0 thn 92. Ada masalah pada rpmnya tidak stabil. jadi selalu turun naik. makanya saya selalu naikkan putaran mesinnya sampai 1,5. soalnya kalau turun bisa sampai setengahnya. takut mati saja.

    kira – kira penyakitnya apa ya om…??

    • Arief says:

      Salam kenal juga, langsung kontak aja mekanik kita yang di gandul a/n Wiwi di 021-91851855

  • I Komang Edi Sudarmawan says:

    salam bahagia buat smua!! Saya km edi dari singaraja Bali, saya pnya corona 79,saya sangat awam di bid mobil! Mohon bimbingan dan masukan gmna merawatnya biar awet! Trim’s

  • Ajun says:

    Salam sejahtera semua….. Saya ajun, pertama punya mobil corona thn1979. Mohon petunjuk untuk dapat bergabung di CIC. Trim’s..

    • arief says:

      Salam kenal Om Ajun, untuk gabung umumnya harus ikut kopdar dulu untuk saling kenal dan registrasi ke humas cic. Om bisa kontak ke Ferdi (162) di 0818866395

  • gunawan wijayanto says:

    mau ikut gabung nih…. sy punya corona efi 90 .. bagasi pernya patah ..stelah dilas tambah parah … bisa rekomen bengkel modif untuk ganti shock…. tks ya……

  • gunawan wijayanto says:

    oh sori…sy tinggal daerah jakarta timur…..

  • gunawan wijayanto says:

    om arif…. he he….iye kite sodaraan ame mekaniknye wiwi wijayanto….. cuma sodaraanye laen nyak laen babe….. he…he…. boleh ye kite sharing2 disini gw demen nih……..

  • Welfizar says:

    salam gabung ….
    saya wel, baru makai absolut 2000 th 1995.
    gimana caranya gabung dg CIC, domisili sy di Bukittinggi, trims

  • rudi says:

    Salam kenal …
    saya baru beli mobil corona 1972, model mustang…
    saking jarangnya dipanasin sekarang jadi dak bisa distarter, tiap kali distarter pasti seperti berat nariknya. terus ndak nyala deh …
    mohon pencerahan ,, …

  • yahya says:

    slm kenal kembali: mobil sy jg tadinya begitu gan:(corona80), setelah starternya dikasih relay: lumayan gan: ga berat banget: sblumnya sy charger aki terus: smga manfaat: tinggal dimana mas rudy?

  • nahdi says:

    slm kenal…
    saya punya mobil corona EFI 2.0 th 1990, mobil saya businya 2 dan 4 selalu basah dengan oli, sy udah ganti seal tutup busi, tapi busi masih kena oli, kira2 apanya ya mas yang harus diperbaiki?
    terima kasih sebelumnya …

    • nasigorengati says:

      yang basah oli bagian atas atau di bagian bawah busi yang didalam ruang bakar?

      kalau yang dibagian atas, kemungkinan seal tutup busi, waktu kemaren ganti dikasih sealer lagi ga?

  • denny says:

    salam kenal
    tanya dong om
    corex 86 matik kl pake ac dijalan suka mati.tp nga lama hidup lg.kl pk ac alam normal.capedeh…
    trus lampu oli kl digas nyala kl dilepas mati?korslet kali ya?
    overal…lumayan enak..cuma spedo mati,shok blkg kanan jln pving agak jduk/bunyi.knalpot/mesin bunyi bikin pusing.apa karna knalpot ngebrong yaa?mau tuneup surabaya khusus cic dimana ya
    helppppp

  • M Haris Kamawijaya says:

    Assalamualaikum wr.wb
    salam sukses untuk CIC! Saya mau nanya nih master2 corona.pas itu mobil lagi jalan tibatiba mesin mati.pas di starter ga bisa dipaksa sambil injek gas malah keluar asep dari tabung “efi”nya.pas didiemin trus distarter lg bisa jalan.itu garagaranya apa yah? oh iya mbil nya matik corona thn 1990.kalo di wilayah bandung ada ga bengkel khusus corona nya? terimakasih :)

    • nasigorengati says:

      Tabung EFI itu yang mana sih?
      Kalo jalan tiba2 mati, coba ganti dulu relay EFI nya

  • kangfirly says:

    mau tanya ttg aki. mobil saya 1-2 hari tdk di jalankan tidak bisa starter. aki baru ganti baru. saya cek indikator di aki (bukan di dashboard) kurang setrum. apa pada saat mobil dimatikan ada listrik yg tetap kontak?
    apa dalam kondisi normal kondisi tdk distarter tetap ada bagian mobil yang menghabiskan setrum aki? bagian manakah itu?

    Mudah2an jawabannya bisa bermanfaat buat semuanya

    Tks

    • nasigorengati says:

      Biasanya yang tetap standby saat mesin dimatikan itu : ECU, alarm. Tapi ga mungkin kedua benda tadi bisa nyedot aki banyak. Coba cek tegangan aki saat idle harus diatas 13 v, kalo sampe dibawah itu cek alternator

      Atau coba cek pengisian aki di bengkel aki ato shop n drive terdekat

      Atau peralatan audio seperti ampli bisa jadi biang kerok, kalo di mobil ada ampli, coba cabut dulu, tes 2 hari masih normal ga tegangan akinya…

      • kangfirly says:

        apa betul aki habis juga bila ada konsleting di kelistrikan mobil? apa ini berpengaruh pada setrum aki saat mobil tdk dijalankan?
        tks atas info2nya. sangat bermanfaat.

        • nasigorengati says:

          kalo ada yang konslet, pasti sekeringnya dulu yang putus

          Paling mudah cek pake amperemeter, dalam posisi mati mesin dan alarm on, seharusnya pembacaan amperemeter tidak lebih dari 40 mA

          Kalau sudah yakin pengisian alternator bagus, penyebabnya mungkin di audio atau aksesoris yang terhubung langsung dengan aki

  • bagyo says:

    salam kenal..
    mobil saya corona exsaloon 89.
    ada masalah pada indikator aki di dasboard,.kadang nyala,kadang mati.. sudah saya tanyakan dibengkel katanya gak masalah..
    mohon info ilmu untuk solusinya…
    kalau prjalanan jauh malam2,.jadi was-was..
    trimakasi sblumnya…

    • nasigorengati says:

      cek tegangan aki saat idle, harusnya diatas 13 v, kalo dibawah 13 v, alternator harus dibuka karena tidak mensupply cukup tegangan untuk mengisi aki,

      Kalau tegangan diatas 13 v tapi indikator aki nyala, kemungkinan ada kabel dari alternator yang putus didalam, atau IC nya yang harus diganti

  • ray.and says:

    Salam Kenal Bro2, Om2, Boss2.
    numpang tanya nih…
    ndeso banget nih gue, kagak tahu part2 mesin. Baru punya Twinnie 89, pengen tahu part2 mesin yg mane aje…
    manual book kagak punya, :-p

    mohon pencerahan. thx U

  • HUDRI says:

    numpang tanya mas nasi…sy punya corab 94…bumper belakang ane bracket yg nempel buat baut sudah pada patah…bisa di smbung lagi ga ya?

  • didiet says:

    Salam kenal om2 &bro2
    saya pemakai corona 91 twincam 2000 efi
    Saya mau tanya,di belakang efi itu ada skrup potensio gunya untuk apayha.Kalau pasang ac kenapa yha rpm suka naik turun,dan kenapa yha corona saya boros sekali 1:6 ppadahal mesin normal artinya belum ada kebocoran warna busi jg bersih teimakasih sebelumnya bro2 semua

  • Datuk says:

    Salam kenal buat semua kawan CIC, saya Dt.Nan Kodoh dari sumbar, memakai Corona2000 th80 mohon petunjuk dari semua kawan di sini..apa aki yang cocok buat mobil saya. terima wabanyak maaf jika ada salah,

  • Datuk says:

    Salam kenal buat semua kawan CIC, saya Dt.Nan Kodoh dari sumbar, memakai Corona2000 th80 mohon petunjuk dari semua kawan di sini..apa aki yang cocok buat mobil saya. terima kasih ,wabanyak maaf jika ada salah,

  • nasigorengati says:

    Bisa pake N40L

  • nafis says:

    Salam kenal… saya pengguna cor exsal 91 sudah 3 tahun. Pas lihat2 engsel bagasi, buka karpet ternyata ada dinamo dekat antena… itu dinamo apa ya? padahal ex saloon 91 kan antenanya belum pakai elektrik?

  • gozali says:

    salam kenal, ane punya cor exs thn 90 klau habis jalan jauh mau pun dekat saat mesin mati tidak dapat di hidupkan dan menunggu beberapa menit atau di cabut ecu nya baru bisa menyalah, ada yg tw apa problemnya, dan bengkel khusus corona di area jakarta-depok
    terimakasih

  • Ghufron says:

    Salam kenal,

    Saya punya Corona 2000 Th79 warna biru. Body lumayan. Kaki-kaki stabil. Ada AC. Velg racing. List lengkap. Aki baru. Starter tokcer. Hub. 081546444345.

    Foto ada di fb saya: ghufron21@gmail.com

  • ipung malik says:

    salam kenal sodara-sodara, saya baru makai Corona ’76.. klo mau gabung CIC gimana ya? thanks..

  • bay says:

    mau jual corona salon 90….kira2 pasarannya berapa ya?

  • algi says:

    tarareng Q to mbah nya CIC yg dah banyak kasih product knowladge ke pasien pengguna corona….. he he he 100x
    moga CIC suksesssssssssss selalu.

  • anugrah says:

    salam kenal dari makassar

  • anugrah says:

    untuk wilayah makassar ada ngak groupx corona

  • Mohamad Wahyudi says:

    Daftar anggota baru ya

  • bayu says:

    Lam kenal om…corona 80 saya akinya pake NS70L, bisa gak kl saya ganti pake NS40ZL atau NS60L?. Makasih om

  • Ridwanfaqots says:

    lam kenal master2 corona,saya baru punya corabs thn 93 borosnya bukan main >.< kira2 apa yg harus saya perbaiki ya, mohon bimbingannya, dan dimana bengkel cic terdekat saya tinggal di parung-bogor…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
«
Next Post
»