Mobil sekarang rata-rata sudah menggunakan mesin dengan siklus kerja empat langkah. Yang membedakan dengan mobil-mobil tipe dua siklus kerja atau dua langkah adalah tidak adanya asap yang keluar dari knalpot.
Jika dari knalpot mobil-mobil empat siklus kerja tersebut keluar asap, berarti hal tersebut menandakan bahwa ada kelainan yang terjadi pada jeroan mesin mobil kita.

Secara mendasar gangguan yang menyebabkan pengasapan pada knalpot dapat dilihat dari warna asap yang keluar dari knalpot mobil. Apabila asap yang keluar itu berwarna hitam keabuan, akibat dari karburator banjir.

Gangguan ini disebabkan salah setting karbu. Jika gejala ini dibiarkan akan merembet pada busi. Untuk mengatasinya atur ulang setelan karburator di bengkel mobil sehingga didapatkan komposisi campuran bahan bakar dan udara yang pas.

Sementara pada mesin injeksi, coba lakukan pemeriksaan pada filter udara yang kemungkinan kotor, atau melakukan penyesuaian pada peranti ECU (electronic control unit) yang bertugas mengatur besaran pembakaran pada mesin. Untuk yang satu ini, tidak semua bengkel bisa melakukan setting ECU. Pilih bengkel yang mempunyai kemampuan khusus untuk menangani setting tersebut.

Apabila asap yang ditimbulkan berwarna putih, hal tersebut diakibatkan oli masuk ke dalam ruang pembakaran. Keadaan ini bisa disebabkan ausnya ring seher yang berfungsi menahan oli agar tidak masuk ke ruang pembakaran.

Persoalan ini harus diselesaikan dengan mengganti ring seher yang bisa kita dapatkan di toko onderdil mobil. Tapi jika kerusakannya lebih parah, maka yang perlu dilakukan adalah mengganti piston dengan ukuran yang lebih besar atau dengan istilah oversize di bengkel bubut yang menangani oversize mesin.

Sumber : Dunia bengkel

14 Comments

  • Dwi says:

    Met kenal Mas,
    saya pengguna corona thn 91, mohon penjelasannya, kalau pagi-pagi asap knalpot mobil saya koq warnanya agak hitam yah tapi setelah 30 menitan sudah hilang, kira-kira apa yang rusak ya?

    Dwi-Semarang

  • endrohudi says:

    th 91 dah injeksi ya gan? coba tune up aja dulu kalo perlu injector cleaning jg….

  • heru marsono says:

    Dear,

    Saya pengguna corona absolute th 93, knp habis service rutin, knalpot keluar asap biru ke hitaman dan bau bahan bakar ya. Kmrn habis di kasih dcs sama bengkelnya. Apakah dcs itu dapat merusak mesin ? Apa yg harus saya lakukan. Mohon petunjuk dari sesepuh corona.

    Terima kasih

    • arief says:

      Om, coba kontak bengkel yg ada d ‘direktori bengkel’, mudah2an ada pencerahan

    • nasigorengati says:

      DCS tidak merusak mesin, karena bahannya langsung terbakar dengan bensin, kemungkinan pas tune up, ada yang dirubah setelannya, mungkin setelah CO yang bentuknya seperti potensio di dekat reservoir air washer kaca

  • haerudin says:

    salam kenal
    saya sedikit ada masalah ma mesin toyota corona ex salon th 86 saat stater di dipagi hari kenapa knalpot saya slalu ga mulus alias tersendat2 seperti ada yang mampet

  • Rony Widodo says:

    Saya sprti mas haerudin jg, corona 84, digas rpm rendah tersendat2 kaya naik kuda. Kalo rpm sedang-tinggi normal. trus knalpot keluar asap hitam. Udah tune up, ganti oli, full service mesin dibongkar, klep seal dah diperbarui masih tetap aja. Mohon pencerahanya sesepuh CIC (Corona Indonesia Club). Thanks

  • marta says:

    numpang tanya,aq suka bgt ama corona clasik.pnyaku th 1974 kira2 sku cdang brunya ad g y?klo ad blinya dmna?mshe lmpuku depen n blakang pd pcah jg gril depan…mksih sblmnya

  • gozali says:

    Salam kenal
    Saya punya corona exsalon thn90 bengkel yg tepat tuk servis di daerah depok dimn ya..thanks

  • joshbud says:

    maaf mas. sy ign tanya tentang corona tua saya yg ban depannya miring bawah dan jarak ban depan sama belakang yang kanan dan kiri g sama. kira2 apanya yg harus di obrak abrik. padahal borjuwen jg msh kokoh. kira2 kendala di apa ya…..? mohon penjelasan.

  • Arif says:

    Mau tanya, corona thn 98 matic, kalau baru di starter keluar asap putih tapi kalau sdh agak lama, biasa nya sudah hilang. Masalahnya apa ya kl seperti itu?mohon penjelasannya.

  • para sesepuh cic ane punya corex 86..saat diam kok bergetar kencang sekali ya..saat di injak gas getaran itu hilang..trus kata sohib ane..ada asap putih keluar dari knalpot..kira2 apa ya..dan kena biaya brpa..mhon info ya sesepuh..

  • Wahyu Bezo says:

    saya pengguna absolute 1996 klo siang sih normal ga keluar asap,,tp klo malem plus dingin pasti keluar asap putih halus…itu knapa ya om…

1 Trackback or Pingback

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *